Sebaiknya Anda Tahu

Jangan Pernah Bersihkan Miss V dengan Tiga Produk Ini

Ini yang menyebabkan kaum perempuan juga harus berhati-hati dalam menjaga kesehatan vaginanya termasuk soal aturan cara membersihkan organ vagina.

Jangan Pernah Bersihkan Miss V dengan Tiga Produk Ini
Foxnews
Ilustrasi 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM - Seperti yang Anda tahu, derajat keasaman area organ vagina berbeda dengan bagian tubuh lainnya.

Ini yang menyebabkan kaum perempuan juga harus berhati-hati dalam menjaga kesehatan vaginanya termasuk soal aturan cara membersihkan organ vagina.

Diungkapkan oleh Mary Jane Minkin, M.D, Clinical Associate Professor Ob-Gyn di Yale School Medicine, ada tiga produk yang sebaiknya tidak digunakan untuk membersihkan organ vagina Anda.

Apa sajakah? Simak ulasannya seperti yang disarikan dari Shape, berikut ini.

Tisu basah dan parfum
Membersihkan vagina dengan tisu basah khusus dan menyemprotkan parfum ke vagina, benar-benar tidak disarankan.

Sebab, vagina memiliki kemampuan untuk membersihkan diri secara natural. Menggunakan tisu basah dan parfum hanya akan menghadirkan bakteri sehingga terjadi infeksi.

“Tisu basah dan parfum mengandung kimiawi yang bisa menyebabkan vagina kering. Nantinya, menyebabkan iritasi dan luka sehingga bakteri dan virus mudah masuk ke organ intim Anda,” jelas Minkin. Bersihkan vagina hanya dengan air dan sabun batangan mengandung bahan kimia rendah.

Losion penghilang rambut halus
Anda ingin mencukur bulu kaki hingga mencapai pangkal paha, sebaiknya jangan oleskan losion penghilang bulu di area sekitar paha. Sebab, bisa mengakibatkan lecet dan infeksi pada vagina.

Minkin mengatakan, efek buruk dari terpaparnya vagina dengan losion penghilang bulu adalah reaksi alergi dan gatal-gatal.

Adapun selain tiga produk di atas, ternyata Anda dianjurkan menghindari kebiasaan membersihkan vagina dengan buah atau sayuran sebagai persepsi yang sangat keliru.

Pasalnya, buah dan sayuran organik bisa mengandung bakteri. Dua sumber gizi ini memang baik untuk tubuh, teapi sebaiknya jangan letakkan di sekitar area intim Anda.

Efek samping lainnya juga mempengaruhi keseimbangan level pH. Jadi, jangan coba-coba melakukan perawatan masker vagina menggunakan buah-buahan dan sayuran.

Minkin menegaskan jangan menggunakan apa pun, baik natural ataupun bahan kimia, dengan tujuan merawat kecantikan vagina. (intisarionline)

Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved