Waspada Virus Zika

Cegah Penyebaran Virus Zika, Pemko Batam Sebar Petugas Kesehatan di Pelabuhan dan Bandara

"Petugas tersebut, nantinya akan akan mengecek setiap orang teridentifikasi. Jika suhu tubuhnya lebih dari 37 derajat melalui tes thermometer

Cegah Penyebaran Virus Zika, Pemko Batam Sebar Petugas Kesehatan di Pelabuhan dan Bandara
Tribun Batam/Istimewa
Ilustrasi Virus Zika 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Otoritas kesehatan Malaysia dan beberapa negara di ASEAN mulai memperketat jalur masuk ke negara mereka masing-masing, pasca-adanya penyebaran Virus Zika.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Negara Indonesia, khususnya wilayah perbatasan. Diantaranya Provinski Kepulauan Riau (Kepri), khususnya Batam.

"Memang di Batam sejauh belum teridentifikasi virus tersebut. Meski demikian, kami akan membuat langkah-langkah pencegahan sesegara mungkin. Karena ini sudah menjadi perhatian dunia kesehatan," kata Wali Kota Batam HM Rudi melalui Kabag Humas Ardiwinata kepada Tribun Batam, Senin (29/8/2016) siang.

Ardiwinata juga mengatakan, langkah yang pertama untuk mengantisipasi mewabahnya virus zika ini adalah, Pemerintah Kota Batam telah memerintahkan dinas kesehatan untuk menempatkan petugas kesehatan di beberapa pintu masuk. Baik di Pelabuhan Internasional maupun Bandara Hang Nadim Batam.

"Petugas tersebut, nantinya akan akan mengecek setiap orang teridentifikasi. Jika suhu tubuhnya lebih dari 37 derajat melalui tes thermometer, maka segera dilakukan tindakan medis oleh petugas pelabuhan dan bandara," jelas Ardi lagi.

Sebagaimana diketahui, Pada Sabtu (27/8/2016) lalu, otoritas kesehatan Malaysia melaporkan seorang warganya berusia 47 tahun yang menetap di Singapura bagian tenggara terjangkit virus tersebut.

Dalam laporan itu kasus pertama transmisi kasus secara lokal. Tak hanya itu, virus zika mewabah juga kepada 41 orang di Singapura. (*)

Penulis: Leo Halawa
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved