Dirjen Pencegahan Penyakit Datang ke Batam Besok. Ini yang Dilakukan

Setelah airnya layak untuk diminum, air itu akan dimasukkan ke satu tempat khusus untuk didistribusikan ke warga sekitar

Dirjen Pencegahan Penyakit Datang ke Batam Besok. Ini yang Dilakukan
tribunews.com
Ilustrasi sumur 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Dirjen Pencegahan Penyakit, Mohammad Subuh, rencananya akan meresmikan teknologi tepat guna, dalam pengelolaan air bersih jadi air minum, Kamis (1/9) di kawasan Teluk Lengung, Kabil, Batam.

Kedatangan Subuh ini, kata Kepala Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan PPM Kelas I Batam, Slamet Mulsiswanto, masih ada kaitannya dengan sosialisasi antisipasi virus Zika di Batam. Sekaligus meresmikan TTG di Teluk Lengung.

"Kamis Pak Dirjen akan meresmikan pengelolaan air bersih jadi air minum di Teluk Lengung," kata Slamet usai meninjau pelabuhan internasional Harbour Bay, Selasa kemarin.

Dijelaskannya, air yang akan dikelola menjadi air minum itu, berasal dari air sumur yang terurus di kawasan itu. Selanjutnya dengan teknologi tertentu, air tersebut akan diubah menjadi air layak konsumsi bagi masyarakat sekitar.

"Setelah airnya layak untuk diminum, air itu akan dimasukkan ke satu tempat khusus untuk didistribusikan ke warga sekitar," ujarnya.

Terkait pengelolaan air sumur yang tak terurus menjadi air layak minum itu, Slamet memperkirakan sumur itu bisa memuat kapasitas air layak minum 50-70 galon per harinya.

"Kapasitasnya 50-70 galon per hari. Air bersih itu bisa juga dijual ke pulau-pulau," kata Slamet.

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved