Pelajar Karimun Bakal Dapat Kartu Indonesia Pintar. Ini Besar Bantuan Per Orangnya

Per semesternya pelajar tingkat SD akan menerima bantuan KIP sebesar RP 225.000, tingkat SMP Rp 375.000 dan SMA mendapatkan Rp 500.000.

Pelajar Karimun Bakal Dapat Kartu Indonesia Pintar. Ini Besar Bantuan Per Orangnya
tribunnnews video/hadi maulana
Ilustrasi. Presiden RI Joko Widodo memberikan Kartu Indonesia Pintar di Sambau Nongsa Batam Kepulauan Riau, Minggu (21/6/2015). 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, KARIMUN - Pelajar di Kabupaten Karimun juga ada yang akan menerima Kartu Indonesia Pintar (KIP). Namun saat ini belum diketahui berapa jumlah pelajar yang akan mendapatkan kartu yang merupakan program Pemerintah pusat tersebut.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Bakri Hasyim yang dihubungi beberapa waktu lalu menjelaskan jika saat ini pihaknya masih melakukan pendataan terhadap pelajar yang akan menerima KIP.

"Ada pelajar kita yang mendapatkannya. Tapi karena masih dalam pendataan di sekolah-sekolah jadi kita belum tau siapa dan jumlahnya," jelas Bakri.

Program KIP sendiri tercantum didalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 dengan tujuan meningkatkan angka partisipasi pendidikan dasar dan menengah.

Di dalam rancangan tersebut persemesternya pelajar tingkat SD akan menerima bantuan KIP sebesar RP 225.000, tingkat SMP Rp 375.000 dan SMA dan sederajat mendapatkan Rp 500.000.

Dipaparkan Bakri, nantinya pendistribusian KIP ke pelajar bukanlah dari Dinas Pendidikan. Namun pengiriman akan langsung dilakukan oleh pemerintah pusat ke alamat pelajar yang akan menerimanya. Setelah menerima, maka para pelajar lah yang kemudian melapor kepada pihak sekolah.

"Setelah dilaporkan maka pihak sekolah akan merekap dan kemudian melaporkan ke kita. Pengiriman kepada pelajar dilakukan oleh pihak yang telah dipilih Kementrian Pendidikan," tambah Bakri. (*)

Penulis: Elhadif Putra
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved