Sebaiknya Anda Tahu

Trik Menakjubkan Tubuh Manusia, Atasi Tenggorokan Gatal Cukup Garuk Telinga

Inilah trik menakjubkan tubuh, termasuk penyembuhan secara alami sejumlah keluhan di bagian tubuh tertentu

Trik Menakjubkan Tubuh Manusia, Atasi Tenggorokan Gatal Cukup Garuk Telinga
kompas.com
Ilustrasi tenggorokan sakit 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM - Ketika kita masih anak-anak, kita akan mudah terkesima saat menemukan ‘keajaiban’ tubuh seperti timbulnya bunyi saat telapak tangan diletakan di ketiak.

Siapa sangka, saat dewasa, kita akan kembali terkesima oleh keajaiban dari trik menakjubkan tubuh manusia berikut ini:

1. Tenggorokan gatal? Garuklah telinga!

Merasa gatal di tenggorokan namun bingung cara untuk menggaruknya? Tak usah pusing, garuk saja telinga Anda.

“Jika saraf telinga distimulasi, maka hal tersebut akan menciptakan reflek di tenggorokan yang mampu menghasilkan kejang otot. Nah, kejang inilah yang bisa menghilangkan rasa gatal,” ujar Scott Schaffer, presiden pusat THT di Gibbsboro, New Jersey.

2. Merasakan pendengaran supersonik

Pernah kesulitan untuk mendengarkan obrolan di tengah keramaian? Coba condongkan tubuh dengan telinga kanan menghadap lawan bicara. Menurut para peneliti dari UCLA David Geffen School of Medicine, telinga kanan lebih mampu mengikuti irama yang cepat.

Sedangkan telinga kiri akan lebih baik dalam memilah nada musik. Sehingga berguna saat kita mencoba mengidentifikasi sebuah lagu yang dimainkan di dalam elevator.

3. Kebelet buang air kecil? Bayangkan hubungan seks!

Kebelet untuk buang air kecil namun kamar mandi penuh? Cobalah membayangkan sedang berhubungan seks. Hal ini, menurut Larry Lipshultz kepala pengobatan reproduksi pria di Baylor College of Medicine, akan membantu menyibukkan otak kita, sehingga sedikit lupa bahwa sedang kebelet.

4. Kebal akan rasa sakit

Peneliti Jerman menemukan bahwa batuk saat disuntik dapat mengurangi rasa sakit dari jarum suntik. Menurut Taras Usichenko, penulis studi tentang fenomena ini, trik tersebut menyebabkan kenaikan sementara pada tekanan kanal dada dan tulang belakang. Kondisi ini dapat menahan struktur sakit pada sumsum tulang belakang.

5. Singkirkan sinus dengan lidah

Hidung mampet karena sinus? Cobalah cara mudah, cepat dan murah ini: Sodorkan lidah ke langit-langit atas mulut secara bergantian, kemudian tekan kening di antara alis dengan satu jari.

Menurut Lisa DeStefano, asisten profesor di perguruan tinggi Michigan State University, cara ini melonggarkan tulang vomer yang berjalan melalui saluran hidung ke mulut. Sehingga, setelah 20 detik, sinus akan mulai mengalir. (intisarionline)

Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved