Sebaiknya Anda Tahu

Pencernaan Anda Bermasalah? Cobalah Konsumsi Makanan Ini

Inilah daftar makanan yang wajib Anda konsumsi ketika memiliki keluhan pencernaan bermasalah

Pencernaan Anda Bermasalah? Cobalah Konsumsi Makanan Ini
rural-space.co.uk
Ilustrasi 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM - Menjaga asupan makanan menjadi salah satu cara agar tubuh tetap sehat, termasuk dalam memiliki sistem pencernaan yang baik serta metabolisme tubuh yang aktif.

Adalah penting untuk mengistirahatkan perut serta membersihkannya untuk menghilangkan berbagai racun di dalam tubuh. Yang dapat dipilih adalah detoksifikasi serta asupan yang dikonsumsi. Dan, ini dia enam makanan yang membantu bersihkan sistem pencernaan:

1. Makanan kaya serat

Makanan yang mengandung banyak serat, seperti kubi, oatmeal, jeruk, dapat membersihkan sistem pencernaan dengan baik. Serat larut dan tidak larut ketika masuk melewati jalur pencernaan akan membantu mengeluarkan makanan yang dikonsumsi dengan lebih baik, dengan demikian akan membersihkan perut serta usus.

2. Jus buah dan sayur

Kita harus memiliki satu hari dalam satu minggu atau satu bulan untuk mengonsumsi jus sepenuhnya. Tinggalkan makanan padat hanya sehari! Ambil buah atau sayuran untuk dijadikan jus, dimana ini dapat menjadi cara mengosongkan perut dari berbagai racun serta mencuci perut, sehingga sistem pencernaan pun akan bersih.

3. Jahe, bawang putih, dan semacamnya

Jus jahe dan bawang putih yang ditambah dengan sedikit gula dapat menjadi cara bagus untuk membersihkan sistem pencernaan tubuh. Ini juga menjadi obat rumah bila mengalami sembelit. Makanan lain yang juga dapat membersihkan sistem pencernaan adalah nasi.

4. Kopi

Kopi juga dapat membersihkan sistem pencernaan, namun tidak dapat benar-benar bekerja pada setiap orang. Beberapa cangkir kopi setiap hari tanpa susu dan gula akan membantu perut tetap bersih.

5. Sayuran mentah

Mengonsumsi sayuran mentah tanpa menambahkan apapun di dalamnya juga dapat membantu membersihkanperut. Memasak sayur justru akan menghancurkan enzim di dalam sayuran, yang sebenarnya membantu memudahkan pencernaan.

6. Air

Makanan yang membantu bersihkan sistem pencernaan yang terakhir adalah air. Seperti yang kita ketahui bahwa air putih dibutuhkan tubuh setiap hari dan menjadi asupan yang membantu membersihkan tubuh dari berbagai racun. Probiotik juga merupakan kandungan baik untuk membersihkan perut. (intisarionline/magforwomen.com)

Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved