Lapor Pak Bupati Anambas, Ini Penyakit Paling Dominan di Puskesmas di Tarempa

Sejumlah penyaki‎t infeksi dan sakit lainnya banyak dikeluhkan warga ke Puskesmas Tarempa. Ini rincian jenis keluhan sakitnya

Lapor Pak Bupati Anambas, Ini Penyakit Paling Dominan di Puskesmas di Tarempa
net
Ilustrasi sakit saluran pernafasan 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, ANAMBAS - ‎Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) dan hipertensi menjadi beberapa penyakit yang kerap dikeluhkan masyarakat ke Puskesmas Tarempa.

Kepala Puskesmas Tarempa drg. Favi Dhzikra mengatakan, selain beberapa penyakit tersebut, sejumlah penyakit lainnya seperti diabetes, penyakit gigi dan mulut serta sakit perut kerap dikeluhkan beberapa masyarakat untuk mendapat pengobatan.

"Dari data yang masuk ke kami keluhan penyakit rata-rata seperti itu. Mengenai jumlahnya, tidak bisa dipastikan. Namun, hampir setiap hari ada yang mengeluhkan penyakit tersebut," ujarnya Senin (5/9/2016).

‎Ia menambahkan, beberapa penyakit tersebut selain disebabkan oleh faktor lingkungan, juga disebabkan oleh pola makan serta hidup yang kurang sehat. Selain penyakit ISPA dan hipertensi, penyakit lainnya seperti malaria juga terus diantisipasi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Anambas.

Selain menjaga kebersihan lingkungan, penyakit yang disebabkan oleh nyamuk ini ‎menurutnya masih bisa diantisipasi selam masyarakat dapat menjaga pola hidup bersih dan sehat. "Seperti sampah di laut itu. Namun, untuk penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk belum ada masuk ke kami dan masih bisa diantisipasi. Selama masyarakat juga menjaga lingkungan sekitarnya," ungkapnya.

‎Disinggung mengenai keluhan penyakit yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi durian secara berlebih pun, diakui Favi sampai saat ini belum ada yang masuk ke Puskesmas Tarempa. Potensi penyakit kolesterol, menurutnya bisa menjangkit bila mengkonsumsi si Raja buah ini secara berlebihan.

"Untuk durian itu lebih ke kolesterol. Selain durian ada juga dari seafood. Durian ini pun kalau dikonsumsi secara benar, bagus juga manfaatnya untuk tubuh karena mengandung vitamin C. Sampai kemarin, belum ada keluhan bahkan sampai dirawat inap. Kalau pun ada, lebih kepada sesak napas. Kalau laki-laki lebih disebabkan karena aktif merokok," terangnya.

Seperti diketahui, musim durian sempat membanjiri Anambas. Harga yang dipatok pun terbilang terjangkau sekitar Rp 25 ribu per tiga buah berukuran sedang. "‎Sekarang sudah agak susah mencarinya. Kalau beberapa minggu kemarin, memang musimnya buah itu gugur. Oleh karena itu harganya bisa Rp 25 sampai Rp 30 ribu per ikat," ujar Arman salahseorang warga Tarempa. (*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help