Komandan Lanal Tarempa Minta PT Palapa Ring Barat Koordinasi, Biar Tak Meleset soal Peta Laut

PT Palapa Ring Project menggarap proyek strategis di Anambas, Komandan Lanal Tarempa minta mereka berkoordinasi soal peta laut. Ini alasannya

Komandan Lanal Tarempa Minta PT Palapa Ring Barat Koordinasi, Biar Tak Meleset soal Peta Laut
tribunbatam/septyan mulia rohman
Project overview Palapa Ring Barat Project. Pemerataan akses bandwidth guna mendukung telekomunikasi mutlak diperlukan pada tiga pulau besar di Anambas. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, ANAMBAS - ‎Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Wan Zuhendra berharap akses telekomunikasi dapat dinikmati di tiga pulau besar yang ada di Anambas.

Dalam paparan Palapa Ring Project (PRB) paket barat di aula kantor Bupati Kamis (8/9/2016), hal ini akan ditindaklanjuti secara tertulis oleh Bupati Anambas dalam waktu dekat ini.

"Harapan kita seperti itu. Selain Pulau Siantan, terdapat dua pulau besar lainnya yakni Pulau Palmtak dan ‎Pulau Jemaja. Dalam pelaksanaannya nanti, apakah ada keterkaitan terkait pekerja asing atau peralatan yang berkenaan dengan instansi vertikal untuk bisa dikoordinasikan," ujarnya Kamis (8/9/2016).

Pemerataan bandwidth untuk mempermudah akses telekomunikasi juga disampaikan oleh Komandan Lanal Tarempa Letkol Laut (P) Ronald Rarun.

Pulau Jemaja menurutnya menjadi salah satu pulau besar di Anambas yang perlu mendapat perhatian selain karena telah dibangun bandara di sana, juga kaitannya dengan pulau terdepan yang berbatasan langsung dengan Negara tetangga.

"Persepsi saya kaitannya pulau terdepan di Anambas itu Jemaja. Karena berbatasan langsung. Ke depan pun, kami mohon untuk berkoordinasi dengan kami maupun syahbandar kaitannya dengan peta laut. Artinya, jangan sampai ‎ketika sudah bekerja, kurang koordinasi terjadi miss," ungkapnya.

‎Usulan serta saran itu pun ditanggapi oleh Direktur Utama PT Palapa Ring Barat, Syarif Lumintardjo. Ia mengatakan, PRB ini merupakan salah satu proyek strategis nasional berdasarkan Peraturan Presiden nomor 3 Tahun 2016 tentang percepatan pelaksanaan proyek strategis nasional.

Hal ini pun coba direalisasikan dengan pembangunan jaringan tulang punggung serat optik bawah laut yang menghubungkan lima kabupaten/kota yakni Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Kabupaten Natuna, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kabupaten Lingga dan Kabupaten Meranti Provinsi Riau.

‎"Tujuannya pembangunan ini mempersempit jurang bandwidth di Indonesia, termasuk pemerataan broadband," ungkapnya. (*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help