Sebaiknya Anda Tahu

Anda Suka Berciuman? Hati-hati Penyakit Ini Bisa Terjadi karena Berciuman!

Anda suka berciuamn? Sebaiknya mulai deteksi dini soal ini. Berikut sejumlah penyakit yang menular saat berciuman.

Anda Suka Berciuman? Hati-hati Penyakit Ini Bisa Terjadi karena Berciuman!
pixabay
Ilustrasi berciuman 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM - Berciuman memang menyenangkan, apalagi bila dilakukan bersama dengan orang yang tepat dan pada waktu yang tepat.

Namun, jika dilakukan dengan orang yang salah atau tanpa kebijaksanaan, berciuman bisa menciptakan banyak masalah daripada yang diharapkan.

Berikut ini penyakit yang bisa terjadi karena kontak dari berciuman.

Kerusakan gigi. Kerusakan gigi adalah suatu kondisi yagn disebabkan oleh bakteri yang berbahaya, dan dapat diwariskan dari satu orang ke orang lain melalui ciuman. Tidak mengherankan, karena berciuman melibatkan banyak gerakan air liur dan pertukaran di dalam mulut.

Hepatitis B. Hepatitis B adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Virus menyerang hati dan dapat menyebabkan kematian serta kondisi berbahaya lainnya. Ini dapat melewati darah dan cairan tubuh lainnya, termasuk air liur.

Radang tenggorokan. Ini adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh bakteri streptokokus. Ditandai dengan ketidakmampuan menelan air liur, nyeri di tenggorkan, demam, dll. Juga bisa ditularkan melalui ciuman

Influenza. Penyakit pernapasan umum yang disebabkan oleh virus influenza. Seperti telah disebutkan, dapat tertular melalui ciuman orang yang terinfeksi.

Virus meningitis. Seperti namanya, penyakit ini disebabkan oleh virus yang menyebabkan peradangan pada jaringan yang menutupi otak dan tulang belakangnya. Ini juga bisa ditularkan melalui ciuman.

Herpes simpleks. Sering disebut sebagai herpes oral, penyakit ini dapat terjadi karena berciuman dengan orang yang terinfeksi.

Penyakit gusi. Penyakit gusi bisa terjadi bila kita berciuman dengan orang yang terinfeksi penyakit tersebut.

Mononukleosis. Penyakit ini bukanlah penyakit karena berciuman, tetapi dapat tertular melalui ciuman. Penyakit ini disebabkan oleh virus Epstein-Barr (EBV), dan ditandai dengan demam, sakit tenggorokan, dll.

Jangan biarkan penyakit tersebut menghalangi Anda berciuman dengan pasangan.

Hanya saja pastikan tidak melakukannya dengan orang yang salah, dan pada waktu yang tidak tepat. (intisarionline/elcrema)

Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved