Angin Kencang Masih Ancam Karimun, Ini Prakiraan Cuaca Tiga Hari ke Depan

BMKG memprakirakan tiga hari ke depan Karimun masih dilanda cuaca ektrem seperti hujan disertai angin kencang. Warga diminta waspada

Angin Kencang Masih Ancam Karimun, Ini Prakiraan Cuaca Tiga Hari ke Depan
tribunbatam/thomlimahlimahekin
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, KARIMUN - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca ekstrem di wilayah Karimun masih akan berlangsung hingga beberapa hari kedepan.

Kepala BMKG Karimun, Syamsul melalui stafnya Pande Pawarta menyebutkan jika hujan masih akan berpotensi mengguyur wilayah Karimun dan sekian pada pagi menjelang siang hari.

"Untuk tiga hari kedepan prakiraan cuaca tidak jauh berbeda, masih akan didominasi dengan hujan ringan sampai sedang pada pagi dan siang hari," kata Pande, Jumat (9/9/2016).

Dijelaskan Pande, kondisi cuaca yang terjadi ini disebabkan karena adanya daerah belokan angin (shearline) di sekitar wilayah Kepulauan Riau. Sementara arah angin didominasi dari Selatan dan Barat Daya

"Dengan kecepatan lima sampai dengan 35 km/jam," tambahnya.

Pantauan BMKG mengenai tinggi gelombang laut Karimun dan sekitarnya adalah setinggi 0,3 hingga satu meter. Dengan arus laut dari Tenggara dengan kecepatan 25 cm/detik.

Kepada masyarakat Karimun Pande mengimbau agar mewaspadai angin kencang dan gelombang tinggi ketika munculnya awan cumulusnimbus atau awan yang berwarna hitam pekat.

"Awan cumulusnimbus tersebut dapat memicu terjadinya petir dan angin kencang," jelasnya.

Hujan lebat dan angin kencang sempat menyebabkan tumbangnya puluhan pohon dan baliho serta merusak tiga unit rumah warga di Kelurahan Lubuk Semut, Kecamatan Karimun pada Kamis (8/9/2016) siang kemarin.

Sejumlah pohon tumbang ke badan jalan hingga menghalangi arus lalulintas. (*)

Penulis: Elhadif Putra
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved