Ini Curhat Pedagang Oleh-oleh di Karimun, Ini Harapan Mereka

Sejumlah pelaku UKM seperti pedagang oleh-oleh di Karimun mengeluhkan turunnya pendapatan akibat sepinya pembeli. Ini curhat mereka

Ini Curhat Pedagang Oleh-oleh di Karimun, Ini Harapan Mereka
tribunbatam/imansuryanto
Seorang pelaku UKM di Karimun menunjukkan produk-produk dagangannya 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, KARIMUN - Banyak cara dilakukan untuk mempromosikan kerajinan tangan hingga kuliner asli sebuah daerah.

Di antaranya mengikuti bazaar, menawarkan melalui dunia maya hingga membuka kios di sejumlah tempat yang dianggap strategis dan menjadi berkumpulnya wisatawan mancanegara hingga domestik.

Hal ini jugalah yang dilakukan oleh Gerai UKM Kerajinan Karimun yang ada di Pelabuhan Taman Bunga Kabupaten Karimun.

Di gerai UKM ini, berbagai jenis kerajinan tangan asli Kabupaten Karimun dipajang dan ditawarkan kepada calon penumpang kapal ferry yang akan berangkat ke berbagai daerah di Kepri.

Seperti kerajinan tangan dari bahan daur ulang seperti bungkus kopi, permen hingga anyaman kayu dalam bentuk keranjang, tempat tisu, kaus bermotif Kabupaten Karimun, topi hingga alat penutup makanan.

Selain itu, di tempat ini juga ditawarkan berbagai makanan ringan asli Karimun. Seperti Kerupung udang asli Moro, kerupuk ikan, hingga kue bangkit.

"Setiap akhir pekan, biasanya ramai para pekerja dari beberapa perusahaan yang membeli untuk oleh-oleh ke keluarga maupun kerabat mereka.

Namun juga ada Wisatawan mancanegara yang datang dan membeli souvenir yang mereka anggap unik," Kata Misdi, salah satu pedagang binaan Dinas Koperasi Kabupaten Karimun saat ditemui Tribun Batam, Minggu(11/9/2016) sore.

Untuk harga yang ditawarkan, tambah Misdi, sangatlah bervariasi. Mulai dari Rp 90 ribu hingga ratusan ribu rupiah.

"Harga sangat bersaing dan terjangkaulah. Harganya pun dilihat dari jenis dan tingkat kesukarannya dalam membuatnya. Tapi mayoritas wisatawan mancanegara lebih memilih kaus dan kerajinan. Sedangkan wisatawan domestik lebih memilih kaus dan makanan ringan," jelas Misdi lagi.

Halaman
12
Penulis: Iman Suryanto
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help