Walau Sering Terjadi Kecelakaan Pompong, Masih Banyak Penumpang tak Kenakan Life Jacket

Pantauan Tribun Batam, beberapa penumpang yang baru naik kapal langsung masuk dan duduk di kursi begitu saja tanpa diberikan peralatan tersebut.

Walau Sering Terjadi Kecelakaan Pompong, Masih Banyak Penumpang tak Kenakan Life Jacket
tribunnews batam/aminnudin
Penumpang pompong di Dermaga Pantai Indah Barek Motor, Bintan, Jumat (16/9/2016). 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BINTAN - Menjaga keamanan dan keselamatan para penumpang kapal motor yang berangkat dari Dermaga Pantai Indah Barek Motor, Pemkab Bintan melakukan razia peralatan keamanan di kapal, Jumat (16/9/2016).

Sejumlah kapal yang sedang lepas jangkar tak luput dari pemeriksaan. Salah seorang nakhoda kapal asal pulau Kelong mengatakan, beberapa peralatan safety yang ada di kapalnya dilihat- lihat oleh tim Pemkab Bintan, seperti life jacket dan surat surat kapal.

"Tadi kami kembali diimbau untuk memperhatikan peralatan keamanan penumpang. Kayak life jacket,"kata Doni, sang nahkoda seraya menunjuk peralatan life jacket yang ada di sudut dek kapal.

Dia memastikan, setiap penumpang yang hendak menyeberang pulau diberikan peralatan life jacket begitu berada di kapal.

"Oh itu pasti kita kasihkan ke penumpang (life jacket),"kata Donim

Namun dari pantauan Tribun Batam, beberapa penumpang yang baru naik kapal langsung masuk dan duduk di kursi begitu saja tanpa diberikan peralatan tersebut.

Padahal kondisi hari itu cuaca agak mendung.

Bupati Bintan Apri Sujadi saat razia di kapal mengataka pihakya menyarankan agar pemilik kapal tak lalai dengan peralatan keselamatan berlayar.

Peralatan itu penting disiapkan untuk mengantisipasi hal hal tak diinginkan saat berlayar.

"Kami baru gelar razia, disejalankan dengan pengecekan keamanan Kantibmas. Di kapal kita ada juga razia surat surat kapal, kita antisipasi termasuk juga perlengkapan life jacket. Kita tak mau ada kejadian seperti di daerah tetangga kita ada pompong yang tenggelam, apalagi hari ini juga cuaca mendung, kita cek itu,"kata Apri.

Kepada pemilik kapal atau nahkod Apri tegaskanuntuk tidak mengabaikan keselamatan berlayar penumpangnya.

"Kami tegaskan ke mereka agar jangan mengabaikan hal urgen terkait keselmatan pelayaran. Kami juga akan terus pantau efektifitasnya lagi himbauan kami tersebut,"kata dia. (*)

Penulis: Aminnudin
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help