TMMD di Desa Parit Karimun, 'Terima Kasih Pak Tentara Sudah Membangun Desa Kami'

Sekarang malah berterimakasih karena mereka mau membangun desa kami. Terima Kasih Pak Tentara

TMMD di Desa Parit Karimun, 'Terima Kasih Pak Tentara Sudah Membangun Desa Kami' - suasana-tmmd-di-desa-parit_20160920_193727.jpg
Tribun Batam/Elhadif Putra
Suasana TMMD di Desa Parit, Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri
TMMD di Desa Parit Karimun, 'Terima Kasih Pak Tentara Sudah Membangun Desa Kami' - ilustrasi-tni-manunggal-masuk-desa_20160920_181945.jpg
Tribun Batam/Istimewa
Ilustrasi TNI Manunggal Masuk Desa
TMMD di Desa Parit Karimun, 'Terima Kasih Pak Tentara Sudah Membangun Desa Kami' - ilustrasi-tni-manunggal-masuk-desa-2_20160920_181819.jpg
Tribun Batam/Istimewa
Ilustrasi TNI Manunggal Masuk Desa

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, KARIMUN - Kesan 'garang' di wajah tentara yang melakukan kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) di Desa Parit, kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau pun sirna.

Sejak awal, warga sempat merasa takut dan risih ketika mengetahui adanya ratusan tentara yang biasanya menenteng senjata, kini memegang berbagai alat seperti pacul hingga arit untuk memperbaiki berbagai sarana dan prasarana yang ada di Desa mereka.

Melihat hal tersebut, warga pun secara bersama-sama turut mebantu personel 'loreng' tersebut membangun semenisasi jalan menuju desa mereka.

Keakraban semakin terlihat ketika jalan tanah disiram dengan semen diiringi canda tawa antara warga dan para tentara berkaus hijau.

Ketua RW 01 Desa Parit, Umar Ahmad yang ditemui Tribun Batam disela-sela pembukaan TMMD Ke-97 Tahun anggaran 2016 di Kabupaten Karimun pada Selasa (20/9/2016) mengatakan setelah tiga pekan melakukan kegiatan pembangunan di desa mereka, kedekatan warga dan personel TNI AD semakin erat.

"Tidak ada lagi pemikiran kita takut sama tentara. Sekarang malah berterimakasih karena mereka mau membangun desa kami. Terima Kasih Pak Tentara," kata Umar.

Umar menyebutkan, perbaikan jalan memang sangat dibutuhkan oleh warga. Dengan adanya jalan yang bagus, maka perekonomian warga Desa yang umumnya bekerja sebagai petani Karet dan nelayan itu akan menjadi semakin baik.

"Memang yang dibutuhkan warga sekarang ini adalah pembangunan jalan. Kalau listrik kita sudah punya sendiri. Dan kalau air kita juga tidak kekurangan," ungkap pria berpeci itu.

Melihat banyaknya sasaran fisik pada TMMD wilayah Karimun ini, para personel TNI AD telah diturunkan ke desa-desa tiga minggu menjelang acara pembukaan.

Hal ini dilakukan agar seluruh pembangunan dapat terlaksana hingga penutupan keguatan di akhir Oktober nanti.

Sasaran TMMD di desa yang terletak di Pulau Parit tersebut berupa pembangunan fisik dan non fisik.

Pembangunan fisik berupa semenisasi jalan desa sepanjang 1.535 meter. Sementara untuk non fisik TNI AD melaksanakan pengobatan dan pelayanan KB gratis serta penyuluhan kamtibmas dan bahaya narkoba bagi warga.

"Untuk pengobatan gratis dan KB kita bekerjasama dengan Puskesmas dan Dinas Kesehatan. Pengobatan yang diberikan pengobatan ringan yang bukan operasi," kata Dandim 0317/TBK sekaligus Dansatgas TMMD Ke 97 wilayah Karimun, Letkol Inf I Gusti Ketut Artasuyasa. (Elhadif Putra)

Penulis: Elhadif Putra
Editor: Iman Suryanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved