Tanjungpinang Sering Hujan, Dinkes Tanjungpinang Ingatkan Warga soal Ini

Hujan mengguyur Tanjungpinang belakangan, Dinkes Tanjungpinang mengingatkan warga soal ini

Tanjungpinang Sering Hujan, Dinkes Tanjungpinang Ingatkan Warga soal Ini
THINKSTOCK.COM
Nyamuk 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG - Beberapa minggu terakhir, Kota Tanjungpinang diguyur hujan. cuaca seperti, ini membuat genangan air muncul dimana-mana. Untuk itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang Rustam mengimbau warga untuk meningkatkan perhatiannya dalam menjaga lingkungan agar tetap bersih.

"Saat ini, perlu diwaspadai munculnya genangan air yang berpotensi menjadi tempat perkembangan nayamuk (aides aegypti). Ini yang sangat perlu kita waspadai," katanya, Rabu (21/9/2016). 

Menurutnya, genangan air tersebut bila tidak diperhatikan bisa menjadi sarang berkembangbiaknya nyamuk aides aegypti. Nyamuk ini bila menggigit dapat menyebabkan Demem Berdarah Dengue (DBD). Oleh karena itu, harus dicegah perkembangbiakannya.

Walaupun, lanjutnya pada bulan September ini, kasus DBD masih tergolong rendah yakni tak sampai 10 kasus yang terdata. Namun bukan berarti kemudian masyarakat tidak memperhatikan lingkungan, justru kesadaran masyarakat terhadap kebersihan harus harus ditingkatkan pada saat musim hujan.

"Perhatikan lingkungan sekitar tempat tinggal. Basmi jentik-jentik dan sarang nyamuk," katanya.

Caranya, tak lain yakni dengan melakukan gerakan Tiga M Plus yakni menguras tempat penampungan ait, menutup tempat penampungan air, mengubur semua barang bekas disekitar rumah yang bisa menampung air.

Selain itu juga, mengganti air minum burung, setidaknya seminggu sekali. Serta membersihkan saluran-saluran air yang tersumbat. (*) 

Penulis: M Ikhwan
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help