Ayah dan Anak Nelayan Karimun yang Tenggelam Belum Ditemukan

Kita hentikan pencarian karena cuaca tak bagus. Kita lihat nanti apakah memungkinkan untuk melanjutkan. Kita sudah koordinasi dengan nelayan

Ayah dan Anak Nelayan Karimun yang Tenggelam Belum Ditemukan
TRIBUN BATAM/ ELHADIF PUTRA
Acong ditemukan terombang-ambing di laut dengan jeriken minyak setelah kapalnya tenggelam. Ayah dan adiknya masih dicari. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, KARIMUN - Dua nelayan Karimun yang tenggelam, Acai Belang (50) dan anaknya Cekang (14), hingga Jumat (23/9) sore masih belum ditemukan.

Satuan Pol air Polres Karimun yang sebelumnya melakukan penyisiran sejak Kamis (21/9) dini hari juga menghentikan pencarian karena faktor cuaca yang tidak memungkinkan. Untuk saat ini petugas hanya bisa melakukan pemantauan dengan berkoordinasi dengan para nelayan.

"Kita hentikan pencarian karena cuaca tak bagus. Kita lihat nanti apakah memungkinkan untuk melanjutkan. Kita sudah koordinasi dengan nelayan," kata Kasat Pol air Polres Karimun, Iptu Sahata Sitorus.

Sahata menyebutkan, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan pihaknya, Acai Belang serta dua anaknya Acong dan Cekang megalami kecelakaan saat mencari ikan pada Rabu pagi atau Rabu siang. Acong selamat dan ditemukan oleh nelayan mengapung di sekitaran perairan Takong Hiu pada Rabu malam sekira pukul 21.00 WIB.

"Dugaan kita kapal mereka tenggelam karena faktor cuaca," ujarnya.

Oleh karena kondisi cuaca buruk yang kerap terjadi belakangan ini, Sahata mengimbau kepada para nelayan agar lebih berhati-hati. Ia meminta kepada nelayan yang memang ingin melaut supaya memakai pengaman seperti life jaket atau pelampung.

"Kalu berangkat kelaut berhati-hati. Perhitungkan cuaca karena belakangan ini ombak besar dan angin kencang. Pakai juga lfe jaket atau pelampung," imbau Sahata.

Diketahui sebelumnya tenggelamnya kapal Acai Belang setelah Acong ditemukan nelayan mengapung sambil berpegangan kepada jerigen minyak. Tim SAR gabungan Basarnas, TNI AL dan Satpol Air Polres Karimun dengan dibantu oleh nelayan langsung melakukan pencarian di perairan Pulau Tokong Hiu, Pulau Pisang, Karimun Anak dan Pelambung sekitarnya. Namun sayangnya Acai dan Cekang masih belum dapat ditemukan.

Penulis: Elhadif Putra
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved