Ternyata Awalnya SBY Menolak Agus Dicalonkan Jadi Lawan Ahok di Pilgub DKI Jakarta

Ketiga partai, menilai Agus sebagai satu-satunya sosok yang pantas menjadi calon Gubernur DKI Jakarta 2017

Ternyata Awalnya SBY Menolak Agus Dicalonkan Jadi Lawan Ahok di Pilgub DKI Jakarta
Tribunnews/JEPRIMA
Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni seusai menjalani pemeriksaan psikologi di Rumah Sakit TNI AL Mintoharjo, Jakarta Pusat, Minggu (25/9/2016). Seusai menjalani pemeriksaan psikologi keduanya langsung menuju kantor Badan Narkotika Nasional (BNN). 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) disebut-sebut sempat menolak saat putranya, Agus Harimurti Yudhoyono, diusulkan sebagai calon gubernur DKI Jakarta.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan.

Syarief mengatakan, nama Agus sendiri muncul dari usulan tiga partai lainnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Ketiga partai, menilai Agus sebagai satu-satunya sosok yang pantas menjadi calon Gubernur DKI Jakarta 2017.

"Tetapi Pak SBY enggak mau, itu (Agus) yang terakhir saja, (nama) yang lain kita coba dulu," kata Syarief saat dihubungi, Minggu (25/9/2016).

Menurut Syarief, nama lain pun kemudian digodok. Partai Demokrat mengusulkan nama Yusril Ihza Mahendra, tetapi PKB, PAN dan PPP menolak.

Usulan Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk mengusung Anies Baswedan bersama Sandiaga Uno juga tidak menemui titik temu.

"Maka keadaan ini berlarut-larut. Nah muncul lagi nama (Agus), akhinya Pak SBY mengatakan, 'keputusan bukan di tangan saya'," ucap Syarief.

SBY pun akhirnya menelepon Agus yang sedang menjalani pendidikan militer di Australia. Begitu dihubungi di Australia, Agus kaget.

"Kok saya dipilih?" ujar Syarief menirukan reaksi Agus pertama kali.

"Tapi setelah berpikir senjenak kalau ini panggilan sejarah dan bangsa untuk kepentingan rakyat, dia siap, tapi dia minta dia harus berhasil," ucap Syarief.

Sementara untuk pendamping Agus, koalisi Demokrat, PKB, PAN dan PPP pun mempercayakan kepada birokrat DKI Sylviana Murni.

Pasangan ini akan berhadapan dengan petahana Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat yang diusung PDI-P, Hanura, Golkar dan Nasdem.(*)

Editor: nandarson
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help