Upah Buruh 2016

Kapolda Minta Pengusaha Beri Izin Buruh Ikut Demo dan Jangan Pecat Mereka

Kapolda Kepri Brigjend Pol Sam Budigusdian meminta para pengusaha untuk memahami aksi demonstrasi yang dilakukan pekerja.

Kapolda Minta Pengusaha Beri Izin Buruh Ikut Demo dan Jangan Pecat Mereka
tribunnews batam/eko setiawan
Kapolda Kepri Brigjen Sambudi Gusdian berbicara di acara Sirahturahmi dan Dialog Ketenagakerjaan bersama Kapolda Kepri dengan unsur Muspida di Provinsi Kepri, Selasa (27/9/2016) siang. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM- Kapolda Kepri Brigjend Pol Sam Budigusdian meminta para pengusaha untuk memahami aksi demonstrasi yang dilakukan pekerja.

Hal tersebut disampaikan Sam saat acara silahturahmi dan dialog ketenagakerjaan Polda Kepri bersama Gubernur Kepri, Wali Kota Batam, DPRD Kota Batam, Himpunan Kawasan Industri (HKI) dan perwakilan serikat pekerja, Selasa (27/9/2016) pagi.

Acara digelar karena menjelang pembahasan upah minimum kota (UMK) Kota Batam.

"‎Pengusaha juga harus bisa memahami ini. Pekerja itukan ingin menyampaikan pendapatnya dan diteruskan kepada yang berwenang. Kalau mereka minta izin berdemo tolong diberikan," ujar dia.

Selain mengimbau pengusaha untuk memberikan izin, Sam juga berharap pengusaha tetap adil dalam memperlakukan para pekerja yang mengikuti demonstrasi.

"Jangan nanti karena ikut demo, mereka malah dipecat. Itu malah menambah masalah baru. Kalau bapak-bapak tidak kasih juga mereka untuk aksi, nantinya juga akan merugikan perusahaan. Bagaimana kalau mereka (pekerja) malah akhirnya mogok kerja atau bahkan marah dan sampai merusak di dalam lingkungan perusahaan. Kasih saja, apa berapa puluh pekerja," tutur dia.

Begitupun kepada buruh, ia memperingatkan agar tetap bisa terkendali saat aksi nanti.

Ia menegaskan tidak boleh ada pemaksaan kepada semua buruh ‎harus mengikuti demo.(*)

Penulis: Anne Maria
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved