Pemko Tetap Pasang PJU di Ruko Aladin, Bahkan Sekalian Bangun Drainase. Ini Reaksi Pengembang

Rencana pembangunan Penerangan Jalan Umum (PJU) di depan ruko Aladin 1 Batamcenter akan dibarengi dengan pembangunan drainase oleh Pemko Batam.

Pemko Tetap Pasang PJU di Ruko Aladin, Bahkan Sekalian Bangun Drainase. Ini Reaksi Pengembang
tribunbatam/eliza gusmeri
Satpol PP mengamankan pembangunan drainase dan PJU di Ruko Aladin 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Rencana pembangunan Penerangan Jalan Umum (PJU) di depan ruko Aladin 1 Batamcenter akan dibarengi dengan pembangunan drainase oleh Pemko Batam.

Meskipun ditentang oleh pengembang setempat, pengerjaan proyek mulai dilakukan dengan mengerahkan alat berat oleh PU, Kamis (29/9/2016).

"Setelah pembangunan Penerangan Jalan Umum (PJU) di Row Jalan dekat Ruko Aladin I selesai dibangun, Dinas Pekerjaan Umum (PU) akan langsung membangun drainase," ujar Camat Batam Kota Ridwan Afandi, Kamis (29/9/2016).

Lanjut dia, pembangunan drainase yang sebelumnya sudah dibangun pengembang PT Glory Maxima tidak dapat menampung curah hujan.

Ridwan juga menduga, pengembang akan memanfaatkan row jalan sebagai jalan pribadi toko dan tempat parkir, sehingga jalan akan semakin sempit.

"Parit akan langsung dibangun sampai batas Row jalan oleh PU, dari parit yang akan di bangun nanti sisa lahan ruko ini hanya 2 sampai 2,5 meter aja," ujarnya.

Sedangkan pihak pengembang meminta Pemko menghentikan pembuatan tiang sebelum ada keputusan dari pihak BP Batam. Rencananya akan dibangun 32 titik tiang lampu sepanjang 1,6 kilometer selama dua tahun. Sihombing, perwakilan pengawas pengembang ruko tersebut menolak langsung pembangunan PJU yang berada di depan ruko.

"Pada intinya kami menolak. Mengapa harus persis di depan ruko ini, mengapa gak di seberang sana, kalau di depan ruko kan posisinya terlalu ke tengah jalan dan menghambat/mempersempit yang jalan juga," jelas Sihombing.

Pihak PU sempat menggali empat titik, tetapi suasana berubah ketika pihak perwakilan dari pengembang melakukan aksi penolakan. Meski Pemko sempat dihalang-halangi, pihak Pemko tetap melanjutkan pengerukan dengan pengamanan dari Satpol PP. (*) 

Penulis: Elizagusmeri
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved