TribunBatam/

Banyak Pesawat Tempur Sukhoi "Berjaga" di Bandara Hang Nadim. Ada Apa?

Banyak pesawat tempur jenis Sukhoi bersiaga di apron Bandara Hang Nadim, ada apa?

Banyak Pesawat Tempur Sukhoi
KOMPAS.com/SUPARMAN SULTAN
Ilustrasi. Atraksi terbang rendah tiga pesawat tempur Sukhoi dari Skuadron 11 di langit Kolaka, Sulawesi Tenggara 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Bandara Hang Nadim akan menjadi pangkalan aju pesawat tempur TNI AU dalam gelaran latihan rutin TNI AU, Senin (3/10/2016).

"Ini merupakan latihan rutin TNI AU, Batam sebagai pangkalan aju untuk pewasat Sukhoi sudah standby 5 pesawat hari ini, puncak latihan pada Kamis (6/10/2016) di Ranai, Natuna," kata Danlanud Tanjungpinang Kolonel (Pnb) Ign Wahyu Anggono, Jumat (30/9/2016).

Sedangkan pada Kamis (6/10/2016) di Batam akan standby 7 pesawat Sukhoi, 10 F16 dan 2 Hercules. Menurut Wahyu latihan tersebut dalam rangka sosialisasi dan memperkuat kemampuan masing-masing skuadron.

"Teknisnya berupa sosialisasi latihan perang-perangan," tambah dia.

Pesawat-pesawat tempur ini berasal dari base Makasar. Bandara Hang Nadim dalam beberapa hari ke depan, akan menjadi rumah untuk pesawat tempur TNI AU dengan latihan yang diberi nama Angkasa Yudha.

Latihan rutin tersebut menurut Wahyu juga meningkatkan kesiagaan dan pengawasan wilayah perbatasan Kepri.

"Pada saat latihan nanti, kami juga sudah berkoordinasi secara diplomatik dengan negara tetangga bahwa akan menggelar latihan tempur," papar dia.

Sedangkan General Manager Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam Suwarso menambahkab pesawat-pesawat tersebut sudah ditempakan di VIP.

"Sukhoi sudah datang sejak Kamis (29/9/2016) lalu. Nantinya pada Kami (6/10/2016) depan, datang lagi pesawat tempur buatan Amerika F16," ujar dia. (*) 

Penulis: Elizagusmeri
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help