Karimun Garap Perda Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Ini Bocorannya

DPRD Karimun menggarap Perda tanggung jawab sosial perusahaan, ini bocorannya

Karimun Garap Perda Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Ini Bocorannya
dok Tribun
Bupati Karimun Aunur Rafiq 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, KARIMUN - Bupati Karimun Aunur Rafiq menilai perusahaan ikut bertanggungjawab dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan masyarakat sekitar perusahaan.

Hal itu disampaikan Rafiq saat menghadiri rapat paripurna DPRD Karimun membahas Ranperda tentang Tanggungjawab Sosial Perusahaan (TSP), Senin (3/10/2016) sore sekitar pukul 16.00 WIB.

Bahkan dalam waktu dekat, DPRD Karimun segera membentuk Panitia Khusus (Pansus) Ranperda TSP untuk menjadi Perda TSP Karimun.

Bagi perusahaan sendiri, dengan adanya nanti Perda TSP, dikatakan Rafiq menjadi payung hukum bagi perusahaan terlindung dari upaya pungutan liar (pungli) yang dilakukan pihak yang tidak bertanggungjawab.

“TSP sebagai komitmen perusahaan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya,” ujar Rafiq dalam pidatonya.

Rafiq juga mengatakan akan memberikan apresiasi bagi dunia usaha (perusahaan, red) yang telah melakukan TSP dengan memberikan penghargaan serta pemberian kemudahan dalam pelayanan administrasi.

Sehingga, dapat terwujud pemerataan pembangunan melalui pelaksanaan TSP. Dan terwujudnya sinergi dan integrasi program kegiatan TSP dengan program kegiatan pembangunan Pemda Karimun. Rafiq juga optimis perda tersebut bisa menjadi salah satu alternatif membantu menggerakkan roda pembangunan.

Anggota Pansus Ranperda TSP, Anwar Abu Bakar mengimbau masyarakat untuk memberikan masukan pada Ranperda TSP tersebut agar benar-benar mengakomodir kepentingan masyarakat, pemerintah daerah dan perusahaan itu sendiri.

Rencananya, pansus akan menggelar studi banding ke Pemkab dan DPRD Probolinggo, Jawa Timur yang dinilai cukup sukses meneraptkan perda sejenis di daerah mereka. Anwar menargetkan Perda TSP disahkan pada awal tahun 2017 mendatang. (*) 

Penulis: Rachta Yahya
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved