Pertamina Panen Rumput Gajah untuk Bahan Bakar Nabati

Panen perdana rumput gajah generasi pertama yang akan dikembangkan untuk keperluan kajian pengembangan Bahan Bakar Nabati (BBN).

Pertamina Panen Rumput Gajah untuk Bahan Bakar Nabati
www.ruangtani.com
Rumput Gajah 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) bersama PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) dan Toyota Motor Corporation (TMC) melakukan panen perdana rumput gajah generasi pertama yang akan dikembangkan untuk keperluan kajian pengembangan Bahan Bakar Nabati (BBN).

Pilot project ini menempati lahan seluas 7 hektar di Jatitujuh, Majalengka, Jawa Barat. Adapun lahan yang digunakan adalah milik PT PG Rajawali II, yang merupakan anak perusahaan PT RNI.

Kolaborasi ini merupakan bagian dari dukungan tiga perusahaan tersebut guna menyukseskan target bauran energi nasional untuk energi baru dan terbarukan sebesar 23 persen pada tahun 2025.

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro menyatakan upaya ini merupakan bagian dari terobosan dalam menyediakan bahan baku untuk produksi bahan bakar nabati yang kompetitif serta terintegrasi dari hulu (kebun) hingga hilir (pabrik).

“Sinergi yang baik antara Pertamina, RNI, dan Toyota dapat mengakselerasi upaya pengembangan BBN di Indonesia sehingga dapat berkontribusi dalam mewujudkan target bauran energi yang sudah dicanangkan pemerintah,” kata Wianda dalam keterangan resminya, Jumat (7/10/2016).

Panen perdana ini merupakan milestone bagi semua pihak yang terlibat.

Apabila dari hasil pilot project  menunjukkan hasil yang positif, diharapkan kerja sama ini dapat berlanjut ke tahap selanjutnya. (kompas.com)

Editor: Sri Murni
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help