TribunBatam/

Karut Marut Lahan di Batam

Tarif UWTO Terbaru Pemukiman di Batam Ditetapkan, Naik Jadi Rp 17.600 hingga Rp 3,41 juta per Meter

Kementerian Keuangan mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK)‎ nomor 148/PMK.05/2016 tentang tarif layanan Badan Layanan Umum BP Batam.

Tarif UWTO Terbaru Pemukiman di Batam Ditetapkan, Naik Jadi Rp 17.600 hingga Rp 3,41 juta per Meter
tribunbatam/aminnudin
Suasana penimbunan lahan mangrove di Kangboi, Bintan, Jumat (7/10/2016) 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM- Kementerian Keuangan mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK)‎ nomor 148/PMK.05/2016 tentang tarif layanan Badan Layanan Umum Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas.

Aturan baru yang mengatur tentang tarif baru BLU BP Batam itupun disebut akan segera diberlakukan.

Direktur Humas BP Batam, Purnomo Andiantono mengatakan, dengan ditandatanganinya PMK tersebut, maka Kepala BP Batam, Hatanto Reksodiputro akan segera mengeluarkan aturan turunan berupa Peraturan Kepala (Perka) baru.

Menurutnya Perka tersebut akan mengatur tarif BLU di masing-masi‎ng wilayah di Batam.

Pasalnya, draft harga di dalam PMK tersebut baru seputar nilai terendah hingga nilai tertinggi.

"Berlakunya tunggu ada Perka dulu. Secepatnya lah, kan sudah ada PMK. Karena di PMK itukan baru range saja," ujar dia saat dihubungi Tribun Batam, Sabtu (8/10/2016).

Di dalam Perka akan diatur nilai per wilayah untuk masing-masing tarif layanan. Mana yang menjadi wilayah dengan nilai tertinggi dan mana yang terendah.

"Yang penting dilihat dari kondisi di lapangannya. Nanti itu pasti diatur semua di dalam Perka, yang daerah Batuaji berapa untuk pemukimannya, untuk komersilnya. Kalau untuk pemukiman mungkin kecil, tapi kalau pengusaha di nagoya misalnya menuntut Rp 15 ribu per meter persegi kan kebangetan juga," tutur Purnomo Andiantono.

Satu diantara hal yang menjadi perhatiannya adalah sektor Properti.

PMK No PMK No. 148 tahun 2016 tentang tarif layanan BLU BP Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam mencantumkan, tarif sewa lahan atau yang selama ini dikenal dengan UWTO (uang wajib tahunan Otorita Batam) untuk pemukiman saja nilainya antara Rp 17.600 hingga Rp 3.416.000.

Sedangkan sebelumnya tarif sewa lahan untuk pemukiman hanya Rp 29 ribu hingga Rp 51 ribu. (*)

Penulis: Anne Maria
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help