Ibadah Haji 2016

Semua Jemaah Haji di Debarkasi Batam Sudah Kembali. Total yang Meninggal Mencapai 15 Orang

Secara keseluruhan jemaah haji Debarkasi Batam yang pulang ke Indonesia yakni sebanyak 8.857 orang

Semua Jemaah Haji di Debarkasi Batam Sudah Kembali. Total yang Meninggal Mencapai 15 Orang
TRIBUNBATAM/DEWI HARYATI
Jemaah haji kloter I yang baru kembali dari Arab Saudi banyak yang terkena batuk, Minggu (18/9/2016) 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Jemaah Haji Kloter 20, yang merupakan kloter terakhir Debarkasi Batam, telah kembali ke Indonesia, Jumat (7/10/2016).
Kloter ini berasal dari lima provinsi.

Masing-masing dari Kota Batam 2 orang, Karimun 1 orang, Pekanbaru 25 orang, Kampar 4 orang, Bengkalis 4 orang, Indragiri Hulu 4 orang, Indragiri Hilir 1 orang, Kuansing 1 orang, Siak 2 orang, Pontianak 2 orang, Sambas 2 orang, Jambi 83 orang, Batang Hari 119 orang, Muaro Jambi 78 orang, Tanjab Timur 51 orang, dan Palembang 48 orang.

Sekretaris PPIH Debarkasi Batam Syahbudi, dalam rilis yang diterima Tribun mengatakan, dari kepulangan itu seluruh jemaah asal Jambi yang menggunakan Embarkasi Antara Jambi, langsung dipulangkan ke daerahnya menggunakan Sriwijaya Air.

Demikian pula dengan jemaah haji asal Palembang.  Sedangkan jemaah asal Riau, dan Kalbar masih menginap di Asrama Haji Batam.

“Terdapat dua jemaah yang mutasi keluar dari kloter 20 BTH atas nama Sumarjo Abu Mangun Nomor Porsi 0500029494 asal Merangin (Jambi) yang berasal dari Kloter (17/111) dan Abdurrahman Ismail Abdullah Nomor Porsi 0500029941 asal Kabupaten Tebo (Jambi) mutasi keluar ke Kloter (19/355)," kata Syahbudi.

Juga terdapat satu orang jemaah yang mutasi masuk ke dalam Kloter 20 BTH atas nama Turiah Kormen Karim Nomor Porsi 0500031311 asal Kota Jambi mutasi masuk dari Kloter (16/269).

Secara keseluruhan jemaah haji Debarkasi Batam yang pulang ke Indonesia yakni sebanyak 8.857 orang.

Untuk jemaah haji yang wafat di Arab Saudi, ada 15 orang dengan rincian Kepri 1 orang, Riau 9 orang, Jambi 4 orang, dan Kalimantan Barat 1 orang.

Kedatangan jemaah haji Kloter 20 BTH dipantau langsung anggota Komisi Pengawas Haji Indonesia Lilien Ambarwiyati di Asrama Haji Batam.

Pada kesempatan itu, Lilien Ambarwiyati mengatakan KPHI dalam melaksanakan tugas pengawasan untuk membantu pemerintah mewujudkan perhajian yang berkualitas.

“Dalam melaksanakan tugas, KPHI bukan untuk menghakimi pekerjaan pemerintah tetapi membantu pemerintah.

Dalam melaksanakan tugas selama tiga tahun ini saya menilai penyelenggaraan ibadah haji semakin baik," ujar Lilien.

Plh Kepala Kanwil Kemenag Riau Mahyuddin mengatakan, setibanya jemaah haji di daerah diharapkan untuk segera bergabung dengan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) masing-masing daerah. (*)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved