Bisnis Kuliner & Hiburan Bermusik Dikenakan Royalti sampai Rp 180 Ribu. Ini Hitungan Detailnya

Pemilik usaha kuliner baik restoran, kafe, pub, bar, restoran, bistro, klab malam dan diskotek, tak bisa lagi sembarangan menghidupkan musik & lagu.

Bisnis Kuliner & Hiburan Bermusik Dikenakan Royalti sampai Rp 180 Ribu. Ini Hitungan Detailnya
Tribun Batam/Dewi
Suasana pengunjung di De Loving Heart Vegan Bistro & Cafe BCS Mall 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Pemilik usaha kuliner dan tempat hiburan baik restoran, kafe, pub, bar, restoran, bistro, klab malam dan diskotek, kini tak bisa lagi sembarangan menghidupkan musik dan lagu.

Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN), yakni lembaga telah menetapkan besaran tarif royalti atas ciptaan atau produk hak terkait musik dan lagu yang diputar untuk kepentingan komersial.

Direktur Hak Cipta dan Desain Industri Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Erni Widhyastari mengatakan, penetapan tarif royalti ini merupakan amanat Undang-Undang (UU) No 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta.

Untuk kegiatan bidang usaha kuliner bermusik restoran dan kafe, besaran royalti dihitung berdasarkan kursi.

Ketentuannya, untuk royalti pencipta dan pihak terkait, besarannya masing-masing Rp 60.000 per kursi per tahun.

Untuk kegiatan usaha jasa kuliner bermusik seperti, pub, bar, bistro, besaran royalti ditetapkan per meter persegi per tahun, dengan ketentuan, royalti pencipta sebesar Rp 180.000 per meter persegi per tahun dan pihak terkait sebesar Rp 180.000 per meter persegi per tahun.

Untuk kegiatan usaha di bidang diskotek, besaran royalti ditetapkan per meter persegi dengan ketentuan, royalti pencipta Rp 250.000 per meter persegi (m²) per tahun dan royalti pihak terkait Rp 180.000 per m² per tahun.

Kelima, penggunaan musik dan lagu untuk kegiatan di rumah bernyanyi atau karaoke.

Untuk jenis kegiatan ini, penetapan royalti dibagi untuk empat golongan, yakni karaoke tanpa kamar (aula) dengan tarif royalti Rp 20.000 net, karaoke keluarga per kamar dengan tarif royalti Rp 12.000 net, karaoke eksekutif dengan tarif royalti Rp 50.000 net dan karaoke kubus dengan tarif royalti Rp 300.000 per tahun.

Menuai Protes

Halaman
12
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help