Jenderal Tito Perintahkan Kapolda Bikin Tim Operasi Pungli, Termasuk Pungli KTP dan Kuburan

Kapolri perintahkan Kapolda bentuk tim operasi pemberantasan pungli, tak hanya pungli SIM tim juga memerangi pungli KTP, sertifikat dan kuburan

Jenderal Tito Perintahkan Kapolda Bikin Tim Operasi Pungli, Termasuk Pungli KTP dan Kuburan
Tribun Batam/Elizagusmeri
Kapolda Kepri, Brigjen Sam Budigusdian 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kapolri Jenderal Tito Karnavian meminta kepada seluruh Kapolda, termasuk Kepri untuk membuat tim Operasi Pemberantasan Pungli (OPP).

Tim itu dibentuk untuk menindaklanjuti instruksi Presiden Joko Widodo mengenai reformasi hukum di bidang pelayanan publik.

"Saya sudah melakukan video conference dengan para Kapolda, saya minta kepada seluruh Kapolda untuk membuat tim untuk melakukan OPP yang sasarannya adalah pelayanan publik," ujar Tito di Mapolda Metro Jaya, Rabu (12/10/2016).

Tito menyampaikan, pemberantasan pungli ini tidak hanya berlaku di instansi Polri saja.

Nantinya, OPP akan menyasar ke semua instansi yang terkait pelayanan publik.

"Mulai dari masalah perijinan surat, baik di pelayanan instansi Polri seperti SIM, STNK dan BPKB. Kemudian juga menyangkut sertifikat kepungurusan jenazah di kuburan, KTP, apapun juga yang berhubungan dengan layanan publik," ucapnya.

Tito berharap, dengan dibentuknya tim OPP, pelayanan publik di Indonesia akan bersih dari pungli.

"Harapan Bapak Presiden dalam reformasi hukum ini layanan publik bersih dari pungli, kalau tidak bisa bersih nol, paling tidak ditekankan, dan dari kami Polri 100 persen mendukung operasi ini," kata Tito. (*)

Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help