Pemerintah akan Bentuk Satgas untuk Sapu Bersih Praktik Pungli

Pemerintah akan membentuk satuan tugas untuk menyapu bersih praktik pungutan liar yang sampai saat ini masih merajalela.

Pemerintah akan Bentuk Satgas untuk Sapu Bersih Praktik Pungli
Istimewa
Ilustrasi Pungli 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Pemerintah akan membentuk satuan tugas untuk menyapu bersih praktik pungutan liar yang sampai saat ini masih merajalela.

Wiranto, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan mengatakan, pembentukan satgas ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan reformasi hukum yang mulai dijalankan pemerintah pekan ini.

Rencananya, pembentukan satgas tersebut diselesaikan pekan ini.

Anggota satgas akan berasal dari beberapa unsur.

"Tapi utamanya, polisi," kata Wiranto di Kantor Presiden Rabu (12/10/2016).

Presiden dalam Rapat Terbatas tentang Reformasi Hukum yang digelar Selasa (11/ 10) kemarin, memerintahkan agar praktik pungutan liar yang mewarnai setiap kegiatan yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat, seperti; pembuatan SIM, STNK, BPKB dan lain sebagainya bisa dibersihkan.

Dia ingin, semua pungutan liar yang terjadi dalam pelayanan tersebut bebas pungutan liar.

Sebagai tindaklanjut atas perintah tersebut, Wiranto mengatakan, pemerintah akan menggelar operasi besar- besaran pemberantasan pungutan liar.

Operasi tersebut akan dilakukan di setiap lini pelayanan, istansi, dan kementerian.

Selain menggelar operasi pemberantasan pungutan liar tersebut, Wiranto mengatakan, pemerintah akan menyisir aturan yang ruwet dan berpotensi menyuburkan praktik kotor tersebut. (kontan, Agus Triyono)

Editor: Sri Murni
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help