Singkirkan Dua Pentolan DPD RI, Senator Bengkulu Resmi Gantikan Irman Gusman, Ini Janji Saleh

Mohammad Saleh, Senator Bengkulu, resmi dilantik menggantikan Irman Gusman sebagai Ketua DPD RI. Ini janjinya

Singkirkan Dua Pentolan DPD RI, Senator Bengkulu Resmi Gantikan Irman Gusman, Ini Janji Saleh
Rakhmat Nur Hakim/Kompas.com
Ketua DPD baru Mohammad Saleh usai pelantikan 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pelantikan Mohammad Saleh sebagai Ketua DPD yang sempat tertunda semalam akhirnya terlaksana pukul 11.00 WIB di ruang Rapat Paripurna Gedung Nusantara V Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (12/10/2016).

Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali yang malam sebelumnya batal hadir akhirnya datang dan langsung melantik Mohammad Saleh yang terpilih menggantikan Irman Gusman.

Seusai prosesi pelantikan oleh Ketua MA, Saleh mengucakan terima kasih kepada seluruh anggota DPD yang telah mengawal proses pemilihan Ketua DPD baru secara demokratis.

Ia juga meminta dukungan dari seluruh Anggota DPD untuk mengembalikan marwah lembaga perwakilan daerah tersebut yang sempat tercoreng karena Ketua DPD sebelumnya dicokok Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Terima kasih atas semua dukungannya dan mari kita kembalikan kehormatan DPD yang sempat terganggu dengan adanya kejadian sebelumnya (penangkapan Irman Gusman)," kata Soleh sesaat usai pelantikan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (12/10/2016).

Ia menambahkan di bawah kepemimpinannya, konsolidasi internal DPD akan kembali diperkuat.

"Dengan adanya penguatan internal tentu kami berharap DPD bisa kembali optimal bekerja untuk memperjuangkan aspirasi daerah," lanjut Soleh.

Sebelumnya, sekitar pukul 20.00 WIB, Selasa (11/10/2016), Saleh terpilih sebagai Ketua DPD. Dalam pemungutan suara, senator asal Bengkulu itu unggul atas dua wakil Ketua DPD, Farouk Muhammad dan GKR Hemas.

Sedianya, Saleh langsung dilantik setelah terpilih. Namun pelantikan batal terlaksana karena ketidakhadiran Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali sebagai pihak yang bertugas untuk melantik.

Padahal Wakil Ketua DPD Farouk Muhammad mengatakan toga yang akan digunakan Ketua MA sudah disiapkan dan staf MA pun sudah sempat hadir di Ruang Rapat Paripurna Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen. (*)

Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help