Dua Pria Ini Unggah Foto Ciuman ke FB dan Diciduk Polisi. Bukan Nyesal, Justru Komentar Mengejutkan

Beberapa hari ini, warga dihebohkan dengan unggahan foto sepasang lelaki saling bermesraan dan berciuman yang diunggah ke media sosial Facebook.

Dua Pria Ini Unggah Foto Ciuman ke FB dan Diciduk Polisi. Bukan Nyesal, Justru Komentar Mengejutkan
Kompas.com/Ronny Adolof Buol
Postingan di facebook yang diprotes netizen karena mengumbar kemesraan sepasang lelaki. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM — Warga Sulawesi Utara dalam beberapa hari ini dihebohkan dengan unggahan foto sepasang lelaki saling bermesraan dan berciuman yang diunggah ke media sosial Facebook.

Unggahan itu dilakukan oleh pemilik akun Facebook Taufik Christian Taufik Christian pada 9 Oktober lalu.

Dalam foto yang tak layak bagi konsumsi publik itu terlihat kedua lelaki tersebut bermesraan dan tidak mengenakan pakaian bagian atas dan sambil tiduran.

Netizen yang merasa terganggu atas perbuatan tak menyenangkan tersebut langsung melaporkan ke polisi melalui grup Facebook Tim Manguni123 Reskrimum, yang dikelola oleh Direktorat Kriminal Umum (Ditkrimum) Polda Sulut.

Berdasarkan informasi tersebut, Tim Khusus Manguni 3 bentukan Polda Sulut di bawah pimpinan Ipda Andrianus Untu langsung turun melacak keberadaan pasangan sesama jenis tersebut.

"Berkat informasi dari warga dan netizen maupun dari Komunitas Manguni 123 Lovers, kedua orang ini berhasil kita temukan di seputar wilayah Bahu," jelas Direktur Reskrimum Polda Sulut Kombes Pol Pitra Ratulangi, Jumat (14/10/2016).

Setelah ditemukan dan dilakukan pemeriksaan, TG (22) dan FL (24) mengakui bahwa benar mereka dengan sengaja menyebarkan foto-foto tersebut ke dunia maya.

"Mereka ini dengan sengaja mem-posting sesuatu yang mengandung unsur kesusilaan," ujar Ratulangi.

Menurut Ratulangi, keduanya bakal dijerat pidana terkait dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, khususnya Pasal 24 jo Pasal 45 dan Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2008 tentang Pornografi.

"Bisa dikenakan Pasal-pasal 29, di situ ancaman hukumannya cukup tinggi, di atas sepuluh tahun," lanjut Ratulangi.

Motivasi keduanya menyebarkan foto-foto tersebut diakui hanya untuk menunjukkan kebanggaan bahwa mereka saling mencintai.

Dalam unggahan tersebut, Taufik menuliskan kata-kata "Bersama terkasiku tersayang mlm ini. Smoga cinta qt abadi yaaa syng.... Jaga cinta ft berdua. @@@@@@@"

"Proses pemeriksaan masih terus berlanjut sampai sekarang. Kita akan mintai keterangan ahli, seperti ahli ITE, dengan saksi-saksi di dunia maya, karena mereka yang melaporkan kepada kita," pungkas Pitra. (kompas.com, Kontributor Manado Ronny Adolof Buol)

Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved