Sidik Jari Saat Urus SKCK Gratis? Ini Jawab Kapolres Bintan

Kapolres Bintan berjanji tak menolerir pungli di tempatnya. Lalu bagaimana dengan pengurusan SKCK, termasuk saat pengambilan sidik jari? Ini jawabnya

Sidik Jari Saat Urus SKCK Gratis? Ini Jawab Kapolres Bintan
TRIBUN BATAM/ AMINNUDIN
Kapolres Bintan AKBP Febrianto Guntur Sunoto 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BINTAN - Soal pungutan liar, Kapolres Bintan AKBP Febrianto Guntur Sunoto menegaskan, itu tak boleh ada. Termasuk di wilayah institusi keposian yang dipimpinnya.

Guntur meyakinkan, bahwa kepolisian Bintan terus berbenah meningkatkan pelayanan.

"Kami terus berbenah. Saya ingatkan di bagian pelayanan, jauhi pungli," kata Guntur.

Selama marak maraknya wacana berantas pungli di Indonesia, khusus di Bintan kata Guntur, belum ada aduan atau laporan mereka terima dari masyarakat. Baik indikasi pungli di kepolisian maupun di lembaga pemerintahan.

Saat disinggung pengurusan SKCK yang diwajibkan membayar Rp 10 ribu, Guntur mengatakan itu ada peraturannya. Konteksnya beda.

"Terkait SKCK biayanya memang Rp 10 ribu di seluruh Indonesia tanpa terkecuali. Uang itu langsung disetor ke negara," katanya.

Namun soal sidik jari di pengurusan itu, itu gratis alias tak dipungut bayaran. Tapi kalau ada masyarakat mau memberikan ala kadarnya, itu tak bisa dipersepsikan sebagai pungli.

"Maaf kalau itu tidak masuk dalam kategori pungli karena itu kesadaran masyarakat saja dalam arti tidak ada paksaan," kata Guntur.

Edaran SIM
Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Bintan, Selasa (18/10/2016) membagi-bagikan hingga pemasangan surat edaran Pembuatan SIM.

Polantas Bintan akan menyiapkan mobil gratis bagi warga yang ingin membuat SIM jika tempat tinggal jauh dari kantor Satlantas polres Bintan.

Mobil gratis itu dapat diakses di Pos Lantas KM 16 Topaya selanjutnya membawa warga ke kantor Satlantas Polres Bintan.

"Transportasi gratis ini dari KM 16 ke kantor Satlantas Polres Bintan, pulang pergi. Bagi yang tinggal di Kijang (Bintan Timur) bisa kontak personel lantas terdekat," kata Kasalantas Polres Bintan AKP Muklis Najar. (*)

Penulis: Aminnudin
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help