TribunBatam/

Sebaiknya Anda Tahu

Hatil-hatilah, Empat Makanan Enak Ini Bikin Sakit Arthritis Memburuk

Beragam penelitian telah menunjukkan kalau empat makanan ini mengandung bisa memicu nyeri sendi

Hatil-hatilah, Empat Makanan Enak  Ini Bikin Sakit Arthritis Memburuk
kompas.com
Ilustrasi 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM - Beragam penelitian telah menunjukkan kalau terdapat makanan yang mengandung antiinflamasi, yang bisa meredakan nyeri sendi.

Namun, jangan salah, ada juga loh makanan yang dapat menambah rasa nyeri itu. Nah, ini dia makanan yang bisa memicu arthritis.

1. Susu

Susu memang baik untuk pertumbuhan tulang. Sayangnya, susu juga bisa menyebabkan masalah bagi penderita rheumatoid arthritis (RA). RA ini bisa semakin menjadi karena protein yang ditemukan di dalam produk susu.

Beberapa tubuh orang dengan RA, benar-benar tidak bisa mentolerir protein di dalam susu. Sebab, tubuh mereka telah membentuk antibodi terhadap protein susu tersebut. Antibodi ini justru akan menyerang protein tersebut bila masuk ke dalam tubuh.

Yang perlu kita pahami, tidak semua tubuh seseorang bereaksi sama terhadap susu—berbagai jenis susu. Sebab, ada juga penderita osteoarthritis yang rasa nyerinya semakin menjadi karena susu. Namun, ketika ia memakan keju, rasa sakitnya justru semakin parah.

2. Gula

Kelebihan gula tak hanya menyoal diabetes saja. Ternyata, gula juga dianggap sebagai makanan yang bisa memicu arthritis. Gula yang diproses yang kita temukan dalam makanan ringan, ternyata dapat memicu zat yang bisa menyebabkan peradangan semakin memburuk, yakni sitokin.

The Journal Rheumatology melaporkan, rasa nyeri pada penderita arthritis langsung muncul ketika mereka mengonsumsi gula olahan dan permen. Para peneliti percaya kalau kada glucosa tinggi yang jadi biang keladinya.

3. Daging

Halaman
12
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help