Sebaiknya Anda Tahu

Mengapa Pesawat Antipetir? Inilah 8 Fakta Mengejutkan yang Belum Anda Tahu di Pesawat

Anda sering naik pesawat terbang? Ini 8 fakta unik yang akan membuat Anda mengerti soal pesawat terbang

Mengapa Pesawat Antipetir? Inilah 8 Fakta Mengejutkan yang Belum Anda Tahu di Pesawat
huffingtonpost.com
Ilustrasi pesawat kreasi seniman Mike Kelley 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM-Ada beberapa fakta tentang pesawat terbang yang jarang diketahui wisatawan. Meski bagi beberapa orang, pesawat menjadi transportasi yang paling sering digunakan saat traveling.

Beberapa fakta ini hanya diketahui oleh pilot dan awak kabin. Kini giliran Anda untuk mengetahuinya.

Berikut 8 fakta yang mungkin Anda belum tahu soal pesawat. Dikutip dari Travel and Leisure, Senin (24/10/2016), berikut daftarnya.

1. Pesawat didesain anti-petir

Bentuk pesawat memang didesain anti-petir. Berdasarkan estimasi, petir menyambar satu pesawat tiap tahunnya. Satu dari 1.000 jam perjalanan udara, pesawat disambar petir.

Meski begitu, sejak 1963 tak ada pesawat yang jatuh karena petir. Berterima kasihlah kepada teknologi anti-petir yang memungkinkan energi listrik dari petir mengalir lewat badan pesawat dan kembali ke udara luar tanpa menimbulkan sedikit pun kerusakan.

2. Tak ada kursi paling aman di pesawat

Beberapa waktu lalu, TIME pernah membuat penelitian dan menyimpulkan bahwa kursi di bagian tengah pesawat adalah yang paling aman dari kecelakaan. Namun, Federal Aviation Administration (FAA) mengatakan tidak ada kursi paling aman dalam pesawat.

3. Beberapa pesawat punya kamar tidur kecil
Dalam penerbangan jarak jauh, awak kabin bisa bekerja hinga 16 jam daam sehari. Untuk menghindari para awak kabin dari kelelahan, beberapa pesawat seperti Boeing 777 dan 787 Dreamliner memiliki kamar tidur kecil.

Ruangan ini bisa diakses lewat tangga tersembunyi yang hanya diketahui awak kabin. Ruangan tersebut biasanya memiliki langit-langit yang rendah, dengan 6-10 kasur, kamar mandi, dan terkadang in-flight entertainment.

Halaman
123
Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved