TribunBatam/

Sebaiknya Anda Tahu

Rutin Minum Kopi Cegah Penyakit Degenerasi Mata, Tanpa Gula Cegah Diabetes

Kopi ternyata tak hanya bagus buat jantung, namun juga berguna bagi kesehatan mata. Bahkan kalau minumnya tanpa gula, riset menyebut cegah diabetes

Rutin Minum Kopi Cegah Penyakit Degenerasi Mata, Tanpa Gula Cegah Diabetes
tobasatu.com
Ilustrasi biji kopi 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM-Kita sudah tahu bahwa kopi dapat menghalau kantuk dan bahwa antioksidannya memberi manfaat kesehatan dalam berbagai cara.

Sebuah studi baru dari Cornell University menambah satu lagi manfaat kopi.

Peneliti menemukan bahwa antioksidan di dalam kopi, yang disebut asam klorogenat (CLA), dapat melindungi dan mencegah degenerasi retina.

Percobaan dilakukan pada sekelompok tikus. Para peneliti mengembangkan radikal bebas dan stres oksidatif agar mata tikus mengalami degenerasi retina.

Kemudian, mereka memberikan asam klorogenat kepada sekelompok tikus untuk melihat efeknya.

Peneliti menemukan, tikus yang diberikan asam klorogenat tidak berakhir dengan kerusakan retina.

"Temuan ini penting dalam memahami makanan fungsional, yaitu makanan alami yang memberikan efek kesehatan yang menguntungkan," kata Chang Y. Lee, profesor ilmu gizi dan penulis senior studi tersebut.

Kopi adalah minuman paling populer di dunia dan sekarang kita jadi lebih memahami apa lagi manfaat yang bisa kita dapatkan dari minuman ini.

Penelitian lain menemukan bahwa kopi (tanpa gula) dapat membantu mencegah diabetes, Parkinson, kanker prostat, Alzheimer dan penyakit lainnya. Secara keseluruhan, bahkan kopi dapat menurunkan angka kematian.

Tetapi ada banyak faktor yang terlibat dalam cara bagaimana kopi memengaruhi kesehatan. Salah satunya adalah, bagaimana cara tubuh memetabolisme kafein sehingga memiliki dampak baik untuk Anda.

Halaman
12
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help