Formula 1

Malaysia Berencana untuk Berhenti Gelar Lomba Balapan Formula 1. Ini Alasannya

Hingga tahun ini, tercatat ada 10 pebalap yang berhasil menjadi juara GP Malaysia

Malaysia Berencana untuk Berhenti Gelar Lomba Balapan Formula 1. Ini Alasannya
motogp
Sirkuit Sepang di Malaysia 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, SEPANG - Malaysia mempertimbangkan untuk berhenti menjadi tuan rumah balapan Formula 1 (F1).

Wacana ini muncul setelah GP Malaysia 2016 mencatat penjualan tiket terburuk sepanjang sejarah penyelenggaraan.

CEO Sirkuit Sepang Datuk Ahmad Razlan Ahmad Razali mengatakan, penjualan tiket GP Malaysia musim ini hanya mencapai 60 persen dari total tiket yang tersedia.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan penjualan tiket untuk MotoGP 2016 yang telah habis terjual.

"Mungkin lebih baik jika Malaysia mengambil rehat. Menurut saya, F1 sudah tidak lagi menarik.

Balapan ini didominasi oleh satu tim," tutur Razlan kepada harian Malaysia, The New Strait Times, yang dilansir Motorsport.com, Kamis (27/10/2016).

Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Khairy Jamaluddin meminta negaranya meninggalkan F1 dan fokus ke MotoGP karena biaya untuk menggelar balapan motor lebih terjangkau.

"Menurut saya, kami perlu berhenti menggelar seri balap F1, setidaknya untuk sementara. Biayanya terlalu tinggi, sedangkan pendapatan terbatas," ucap Jamaluddin melalui media sosial Twitter.

"Saat kami pertama kali menggelar seri balap F1, itu adalah hal besar karena kami adalah negara Asia pertama di luar Jepang yang menggelar seri balap ini," kata Jamuluddin.

"Sekarang sudah banyak venue dan kami tidak lagi menjadi tujuan utama. Saya pikir kami hanya perlu menggelar MotoGP karena lebih murah, penjualan tinggi, dan kami punya pebalap di kelas Moto2 dan Moto3," kata Jamaluddin.

Sirkuit Sepang masih terikat kontrak dengan F1 sampai 2018.

Namun, pertemuan antara pemegang saham sirkuit dan Kementerian Keuangan Malaysia pada pekan ini akan menentukan masa depan event olahraga otomotif tersebut.

Sirkuit Sepang pertama kali menggelar seri balap F1 pada 1999. Hingga tahun ini, tercatat ada 10 pebalap yang berhasil menjadi juara GP Malaysia.

Pebalap Jerman, Sebastian Vettel, menjadi yang paling sukses sepanjang penyelenggaraan GP Malaysia dengan empat kemenangan.

Catatan ini melewati rekor pebalap legendaris F1, Michael Schumacher (Jerman), dan Fernando Alonso (Spanyol). Kedua pebalap tersebut masing-masing memegang tiga kemenangan di Sirkuit Sepang. (Diya Farida)

Editor: nandarson
Sumber: Bola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help