Demo Tolak UWTO di Batam

Aksi Demo dan Tutup Toko Tolak UWTO, Ini Tanggapan Ketua Kadin Batam

Menurut Jadi, aksi demontrasi itu disebab oleh putusnya komunikasi dan tersumbatnya aspirasi masyarakat ataupun pengusaha dengan BP Batam

Aksi Demo dan Tutup Toko Tolak UWTO, Ini Tanggapan Ketua Kadin Batam
Spanduk Tolak UWTO di Nagoya 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Segenap lapisan masyarakat berencana akan menggelar demonstrasi menolak Uang Wajib Tahunan Otorita (UWTO) pada Selasa (1/11/2016).

Bahkan, beredar isu, sejumlah pedagang akan menutup tokonya untuk mensukseskan demonstrasi itu.

Menanggapi hal itu, Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kota Batam, Jadi Rajagukguk, mengatakan, tidak mungkin pengusaha melakukan aksi demontrasi.

Namun ia tidak bisa melarang bila masyarakat melakukan aksi tersebut dan juga tidak bisa melarang pelaku usaha yang akan menutup toko saat demo.

"Kita sudah menyampaikan itu (agar toko tetap buka, red), tapi kan kita tidak bisa paksa. Itu hak setiap orang untuk menutup. Itu hak seseorang untuk menyampaikan keberatannya. Karena itu yang bisa dilakukan oleh pelaku usaha. Tidak mungkinkan pelaku usaha demo kan?," ujar Jadi ketika dimintai komentarnya tentang rencana aksi tutup tokoh dalam penolakan terhadap tarif UWTO.

Menurut Jadi, aksi demontrasi itu disebab oleh putusnya komunikasi dan tersumbatnya aspirasi masyarakat ataupun pengusaha dengan BP Batam.

"Semestinya BP Batam itu merespon dan membuka komunikasi dengan masyarakat dan pengusaha. Hal ini kan tidak dilakukan. Jawabannya selalu bahwa mereka hanya menjalankan, dia hanya sebagai pelaksana, dan itu bukan tipe seorang pemimpin," ujarnya lagi.

Menurut Jadi, jika pimpinan BP Batam masih menutup diri dan tidak merespon suara-suara dari masyarakat, sebaiknya pemerintah mengganti mereka.

Jadi mengatakan, pihaknya akan menyampaikan kondisi ini kepada Wakil Presiden RI pada pertemuan yang rencananya akan digelar pada Rabu (2/11/2016) mendatang.

"Mudah-mudahan bisa menghasilkan solusi," ujarnya lagi.

Penulis: Abd Rahman Mawazi
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved