Pelabuhan Kecil di Toapaya Ilegal? Ini Jawaban Kepala Dishub Bintan

Misteri resmi tidaknya pelabuhan kecil di kawasan Toapaya akhirnya terjawab setelah Kepala Dinas Perhubungan Bintan buka suara. Ini penjelasannya

Pelabuhan Kecil di Toapaya Ilegal? Ini Jawaban Kepala Dishub Bintan
tribunbatam/aminuddin
Ilustrasi. Suasana sidak di pergudangan Toapaya, Minggu (23/10/2016) 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BINTAN-Kepala Dinas Perhubungan Bintan Yandrinsyah membenarkan keberadaan pelabuhan kecil di sungai Toapaya KM 16 sudah mendapatkan izin operasi dari dinas terkait.

Sebelumnya, pada 23 Oktober lalu, pelabuhan dan pergudangan itu disidak petugas kelurahan dan kecamatan setempat.

Sidak dilakukan untuk mengetahui aktifitas pelabuhan dan bongkar muat di situ. Ini dilakukan karena ada desas-desus dari warga, pelabuhan tersebut tak berizin alias ilegal. Kegiatan usaha di situ terkesan tertutup.

"Iya itu ada izinnya. Setahu saya izinnya langsung dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Tanjungpinang, coba cek langsung," sarannya, Jumat (11/11/2016).

Menurutnya, izin itu diberikan kesyahbandaran terkait guna menghindari pelabuhan-pelabuhan kecil yang ada menjadi pelabuhan liar.

Apalagi kata dia, pelaku usaha disekitar menjadikan pelabuhan tersebut untuk bongkar muat biji jagung mereka. Tak ada kegiatan lain.

"Aktifitas di situ kan cuma untuk muat angkut jagung mereka. Cuman, waktu itu kita minta ke mereka agar melaporkan izin mereka juga ke pusat (Direktorat Jenderal Perhubungan Laut). Nah itu yang kita belum tahu, sudah dilakukan apa belum,"kata dia.

Sebelumnya, saat sidak kemarin, pekerja di lokasi berkali kali menegaskan aktifitas bongkar muat dan pergudangan mereka sudah dapat izin dari kesyahbandaran dan dinas terkait.

Petugas sidak dari kecamatan setempat, Afif mengatakan, mereka melakukan sidak kali itu merupakan langkah kecamatan mengetahui kegiatan usaha di wilayah masing masing. Sehingga terjadi situasi yang tertib dan teratur. (*)

Penulis: Aminnudin
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help