Curhat GM Batamindo Soal Investasi Batam,'Tahun Ini Sangat Sulit,Baru 1 PMA Buka Pabrik,dari Italia'

Kendati punya potensi besar untuk maju di Asia Tenggara, kawasan industri di Batam, Kepulauan Riau, masih belum bergerak alias mandek.

Curhat GM Batamindo Soal Investasi Batam,'Tahun Ini Sangat Sulit,Baru 1 PMA Buka Pabrik,dari Italia'
tribunnews batam/ian pertanian
Suasana para pencari kerja di Kawasan Industri Batamindo, Mukakuning, Sabtu (6/2/2016). 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Kendati punya potensi besar untuk maju atau setidaknya menjadi kawasan utama jalur perdagangan dan perindustrian di Asia Tenggara, kawasan industri di Batam, Kepulauan Riau, masih belum bergerak.

General Manager PT Batamindo Investment Cakrawala, pengelola Batamindo Industrial Park, Mook Sooi Wah mengatakan, hingga 10 bulan pada tahun 2016 ini hanya satu perusahaan asing yang masuk.

"Tahun ini sangat sulit. Baru satu perusahaan asing yang buka pabrik di sini, dari Italia," ujar Mook usai menerima penghargaan Indocement Awards 2016 sebagai Kawasan Industri Terbaik kepada Kompas.com, Jumat (11/11). 

Padahal, kata Mook, Batam sangat strategis, berada di antara Singapura dan Johor. Selain itu, harga lahan industrinya juga masih jauh lebih murah ketimbang kedua kota tersebut. 

Dari informasi yang dihimpun Kompas.com, harga lahan industri sekitar Rp 2 juta hingga Rp 3 juta per meter persegi. Sementara harga lahan untuk komersial sekitar Rp 10 juta per meter persegi.

Batam Industrial Park dirancang seluas 320 hektar. Dikembangkan dan dimiliki oleh Gallant Venture Ltd yang merupakan perusahaan publik terdaftar di Singapura .

Gallant Venture Ltd memang berfokus pada pengembangan dan pertumbuhan peluang komersial di Kepulauan Riau Indonesia.

Sejak berdirinya pada tahun 1990-an, perusahaan ini telah menjadi inovator penting dalam empat segmen bisnis utama, yaitu utilitas, taman industri, resor, dan pengembangan properti.

Gallant Venture Ltd merupakan perencana induk kawasan industri Batam yang terintegrasi dengan resor dan hotel.

Selain Batam Industrial Park, Gallant Ventures Ltd juga mengembangkan, memiliki dan mengelola Bintan Industrial Estate di Bintan.

Halaman
12
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help