Nyat Kadir Senang, 50 Pengusaha Kecil di Kepri Dapat Bantuan Kemenperin

Sebanyak 50 pelaku industri kecil menengah (IKM) di Kepri mendapat hibah peralatan dan pelatihan kewirausahaan dari Kementerian Perindustrian

Nyat Kadir Senang, 50 Pengusaha Kecil di Kepri Dapat Bantuan Kemenperin
Trbun Batam/Amin
Nyat Kadir 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Perjuangan anggota DPR RI Dapil Kepri Drs H Nyat Kadir untuk membantu masyarakatnya kembali berbuah manis.

Kali ini, sebanyak 50 pelaku industri kecil menengah (IKM) di Kepri mendapat hibah peralatan dan pelatihan kewirausahaan dari Kementerian Perindustrian RI.

Bantuan ini diperoleh dari anggaran Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kemenperin tahun 2016.

Industri kecil yang mendapat bantuan itu masing-masing 10 IKM bidang service AC di Batam dan 40 IKM bidang konveksi dan pengolahan makanan ringan berbahan sagu di Kabupaten Lingga.

Penyerahan peralatan dan pelatihan dilakukan berturut-turut, Sabtu dan Minggu (12-13/11/2016) di Batam dan Lingga.

Untuk Batam, penyerahan bantuan itu dilaksanakan di Gedung Lembaga Adat melayu (LAM) Kota Batam, Sabtu.

Hadir dalam acara tersebut, mewakili Ditjen IKM, Irvan Kuswardana, SE, MM dan Kadis Perindag dan SDM Kota Batam, Zarefriadi.

Nyat Kadir yang menghadiri langsung penyerahan bantuan tersebut di sela-sela kesibukan reses masa persidangan I tahun 2016-2017 menegaskan, ia sangat konsen memperjuangkan pengembangan IKM di Kepri.

Sebab tanpa bantuan pemerintah industri dan usaha kecil menengah akan sangat sulit untuk berkembang.

"Kita bersyukur perhatian pemerintah sekarang sangat besar untuk pengembangan usaha kecil. Baru kali ini kucuran dana untuk kredit usaha rakyat bisa mencapai Rp100 triliun," katanya.

Politisi Partai Nasdem ini adalah anggota Komisi VI bidang perindustrian, perdagangan, investasi, BUMN, UKM dan koperai serta standarisasi nasional di DPRRI.

Pada tahun 2015, Nyat juga berhasil memperjuangkan bantuan peralatan dan bimbingan teknis untuk 19 kelompok usaha bersama (KUBE), di Kepri. Total bantuan mesin dan peralatan ini mencapai Rp 4,2 miliar yang diterima 235 anggota yang tersebar di berbagai daerah kabupaten/kota di Kepri.

Selain itu, juga ada bantuan permodalan untuk 30 pengusaha pemula dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Kepala Dinas Perindag dan SDM Kota Batam, Zarefriadi, dalam sambutannya berterima kasih atas perjuangan yang dilakukan oleh mantan Walikota Batam yang juga ketua LAM Kepri ini.

Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved