KM Fatimah Karam Tabrak Dermaga, Muatan ATK Berantakan di Pelabuhan. Ini Kerugiannya

KM Fatimah dengan muata peralatan tuli dan perkantoran karam setelah menabrak dermaga di Karimun akibat terjangan ombak. Ini kerugiannya

KM Fatimah Karam Tabrak Dermaga, Muatan ATK Berantakan di Pelabuhan. Ini Kerugiannya
tribunbatam/elahdif putra
ABK tengah mengevakuasi muatan KM Fatimah setelah karam menabrak dermaga di Karimun 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, KARIMUN-Nahas menimpa Kapal Motor (KM) Fatimah GT 04. Saat hendak merapat ke pelabuhan, kapal kayu bermuatan Alat Tulis Kantor (ATK) tersebut diterjang cuaca buruk hingga karam.

Peristiwa yang terjadi pada Senin (14/11/2016) pukul 07.00 WIB tersebut, bermula ketika KM Fatimah hendak berlabuh dan membongkar muatan di pelabuhan rakyat Hutagalong, Kelurahan Sei Lakam, Kabupaten Karimun.

Namun saat mendekati dermaga, tiba-tiba ombak dan angin kencang menghantam kapal. Akibatnya, KM Fatimah terdorong dan menghantam dermaga.

"Kapal Motor ini membawa muatan ATK dari Batam. Kapal karam setelah menabrak dermaga," kata Kasat Polair Polres Karimun, Iptu Sahata Sitorus, Selasa (15/11/2016).

Sahata menjelaskan, Kapal Motor tersebut dikemudikan oleh seorang nahkoda, Asmadi dan dua orang Anak Buah Kapal (ABK) bernama Rama dan Cecep.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun total kerugian materil diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

"Tidak ada korban jiwa. Kerugian sekitar Rp 40 juta," jelasnya.

Karena peristiwa ini, KM Fatimah mengalami kerusakan yang cukup parah. Sementara barang-barang ATK berhasil diselamatkan sebagian karena segera dipindahkan oleh kru kapal dengan dibantu warga sekitar.

"Sebagian muatan kapal berhasil diselamatkan," ujar Sahata.

Cuaca ekstrem memang melanda wilayah Karimun dan sekitarnya pada Senin pagi. Hujan disertai angin kencang sempat menggangu aktivitas pelayaran.

Bahkan keberangkatan kapal ferry dan speed boat di pelabuhan Domestik dan Sri Tanjung Gelam terpaksa ditunda akibat cuaca buruk tersebut. (*)

Penulis: Elhadif Putra
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved