Musim Deportasi Telah Tiba, Imigrasi Tanjungpinang Pulangkan 16 Warga Kamboja

Kantor Imigrasi Tanjungpinang menggesa pendeportasian 16 WNA asal Kamboja. Persiapan telah dilakukan tinggal menunggu dokumen dari Jakarta

Musim Deportasi Telah Tiba, Imigrasi Tanjungpinang Pulangkan 16 Warga Kamboja
Ilustrasi. Tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok yang bekerja di proyek Fantasy Island, Pulau Manis, Belakangpadang, saat disidak oleh Kantor Imigrasi, Kamis (27/10/2016) 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM.TANJUNGPINANG-Sepertinya musim deportasi telah tiba. Dalam bulan ini, telah belasan WNA dipulangkan ke kampung halaman.

Empat sebelumnya dari imigrasi Bintan, dan terbaru imigrasi Tanjungpinang, Selasa (15/11/2016), sebanyak 16 WNA Kambojak digesa pendeportasinnya.

Kabid Pengamanan dan Penempatan Rudenim Irwanto Suhaili menuturkan hingga kini pihaknya tinggal menunggu jadwal pemulangan dari pihak kedutaan Kamboja yang ada Jakarta.

"Kita telah selesaikan proses dokumen‎ Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) ke kedutaan. Kita sedang menunggu proses penyelesaian dari pihak kedutaan untuk perjalanan mereka kembali ke Negaranya," ujar Irwanto Suhaili melalui sambungan telepon Selasa (15/11/2016).

‎Ia tidak mengetahui secara pasti kapan jadwal pemulangan mereka. Menurutnya, dalam waktu satu bulan ke depan pihaknya telah memulangkan mereka ke negaranya asalnya.

"Tak tau kita kapan mereka pastinya dapat dipulangkan. Tergantung dari pihak kedutaan. Kalau bisa cepat prosesnya ya cepat‎ dan kita langsung bisa deportasi," ungkapnya lagi.

Kondisi ke 16 warga Kamboja dari segi kesehatan saat ini menurutnya masih sehat. Sebagai penghuni sementara, mereka pun tertib dan tidak mempermasalahkan kapan hendak dipulangkan ke negara asalnya.

Sebelumnya mereka diamankan ‎di perairan kepulauan Anambas oleh kantor imigrasi tarempat saat sedang mencari ikan (illegal fishing) beberapa bulan lalu.

Ada 19 orang yang diamanakan di dalam Kapal KIA. 16 orang ABK dititipkan ke Rudenim Tanjungpinang. Sementara dua orang ABK menjadi saksi dari satu tersangka Nahkoda Kapal. (*) 

Penulis: Wahib Wafa
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved