Banyak Urus Paspor Pelancongan, Imigrasi Tanjungpinang Proses 2.000 Pengajuan Perbulan

Selain mengunjungi kelurga dan berobat, warga banyak mengurus paspor di Imigrasi Tanjungpinang buat pergi pelesir. Ini data Imigrasi Tanjungpinang

Banyak Urus Paspor Pelancongan, Imigrasi Tanjungpinang Proses 2.000 Pengajuan Perbulan
Istimewa
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG-Memasuki tutup tahun 2016, pengajuan paspor di Imigrasi Tanjungpinang meski tinggi tapi belum terjadi peningkatan. Per hari pengurusan berkisar 50-100 paspor.

Kebanyakan mengurus paspor buat keperluan berlibur, mengunjungi keluarga atau berobat. Sedangkan keperluan sekolah juga ada, meski tak banyak.

Data Imigrasi Klas I Tanjungpinang, seperti diungkapkan Kasi Lalulintas Keimigrasian Totok Sasono, per bulan permohonan mencapi 2.000 orang.

‎"Tidak mengalami peningkatan. Per bulan kalau kita bikin rata-rata hanya 2000 orang. Kalau per hari pengajuan 50-100 orang," kata Totok ‎Sasono di kantornya Rabu (16/11/2016).

Menurutnya, angka perh ari permohonan paspor mencapai 50 orang lebih. Namun jika dibuat rata-rata perhari, jumlah pemohon mencapai 80 orang. Jika ada kenaikan di hari tertentu, diperkirakan hanya mencapai 10-20 orang dari angka rata-rata perhari.

"Pada bulan Desember liburan dan Januari kita baru tau semua data secara riil berapa gelombang kenaikan yang signifikan. Ada kenaikan namun tidak bisa diprediksi. Nanti Januari baru ketahuan angkanya tahun ini," ujarnya.

Jika angka rata-rata 2000 per bulan, diperkirakan Totok dalam setahun pengajuan mencapai 24 ribu orang. "Ya tinggal dikalikan berapa jika 2.000 perbulan, dalam 12 bulan ada berapa. Itu perkiraan kita," jelasnya.

Totok menyampaikan keperluan warga membuat paspor kebanyakan untuk berlibur, mengunjungi keluarga, berobat ke rumah sakit dan bekerja di luar negeri.

"Paling banyak turis. Seperti sekolah ‎di luar ada tapi jarang. Mereka lewat pelabuhan Sri Bintan Pura," ‎ujarnya.

Pemohon pengajuan tertinggi menurut Totok, pada saat libur panjang.‎ Seperti Natal dan Tahun Baru dan Lebaran Idul Fitri.

Menjelang bulan-bulan tersebut pemohon akan mengalami peningkatan dibanding hari-hari biasa yang hanya 50 orang lebih. (*) 

Penulis: Wahib Wafa
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved