Pak Bupati Lapor! Jalan Siantan Memang Beraspal, Tapi Tiada Penerangan Lampu Jalan. Ini Lokasinya

Kondisi sejumlah jalan di Anambas perlahan sudah mendapat perbaikan. Hanya belum dilengkapi dengan lampu penerangan jalan. Ini curhat warga

Pak Bupati Lapor! Jalan Siantan Memang Beraspal, Tapi Tiada Penerangan Lampu Jalan. Ini Lokasinya
net
Ilustrasi lampu jalan 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, ANAMBAS-Kondisi sejumlah jalan di Anambas perlahan sudah mendapat perbaikan.

Sayangnya, kondisi jalan yang terbilang mulus tersebut kurang diimbangi dengan sarana infrastruktur jalan, salahsatunya lampu penerangan jalan.

Kondisi ini, yang dikeluhkan pengguna jalan salahsatunya Khusnul. Warga yang berdomisili di Air Bini Kecamatan Siantan Selatan

ini awalnya sempat khawatir untuk melintasi jalan akses Air Bini- Tarempa yang kondisinya sudah diaspal, terlebih pada malam hari.

Kondisi jalan yang gelap serta minimnya pemukiman penduduk, menjadi hal lain yang membuat dirinya kerap mengurungkan niatnya untuk melintasi jalan tersebut pada malam hari.

"Ya kondisinya seperti itu. Kalau sudah malam, ada hal yang tidak terlalu penting bagus diundur besok saja kalau ingin ke Tarempa. Kalau pun mendesak, paling tidak ditemani jangan sampai sendirian," ujarnya Kamis (17/11/2016).

Ia pun mengaku bersyukur dengan pembangunan infrastruktur jalan menuju Desa Air Bini Kecamatan Siantan Selatan itu.

Menurutnya, kondisi jalan yang kini jauh berbeda tentu membawa dampak positif bagi masyarakat termasuk bagi orang yang inign berkunjung ke desa tersebut.

"Kondisinya sudah jauh lebih baik. Kalau kemarin, jalannya tanah. Kalau sudah hujan tentunya kondisi jalan menjadi licin. Kalau bisa, mungkin direalisasikan untuk lampu penerangan jalan itu," ungkapnya.

Sementara Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kabupaten Anambas Sahtiar mengatakan, usulan dari Pemerintah Daerah untuk merealisasikan hal ini sudah sering kali disampaikan salahsatunya melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

Berpindahnya kewenangan untuk merealisasikan hal tersebut, menurutnya menjadi hal lain yang membuat Pemerintah Daerah memiliki keterbatasan untuk merealisasikan lampu penerangan jalan tersebut.

"Kewenangannya sudah berada di Pemerintah Provinsi. Pemerintah Daerah hal ini hanya mengusulkan saja. Usulan mengenai hal ini pun sebelumnya sudah coba kami lakukan beberapa tahun sebelumnya.

Hal ini yang menjadi keterbatasan Pemerintah Daerah," ujar pria yang juga menjabat sebagai Asisten Administrasi Umum Setdakab Anambas. (*) 

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help