Piala AFF 2016

Ajang Sepak Bola Bergengsi Asean Mulai, Striker Filipina Pilih Absen Karena Uang

Uang adalah segalanya. Ungkapan itu mungkin dipakai sebagai alasan oleh striker Filipina yang memilih absen di Piala AFF 2016

Ajang Sepak Bola Bergengsi Asean Mulai, Striker Filipina Pilih Absen Karena Uang
Kompas.com/DOK. INQUIRER.NET
Striker Timnas Filipina, Javier Patino (tengah), saat diperkenalkan sebagai pemain naturalisasi oleh manajer Dan Palami (kiri) dan Sekjen Federasi Sepak Bola Filipina (PFF), Ed Gastanes (kanan) 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM-Uang adalah segalanya. Ungkapan itu mungkin dipakai sebagai alasan oleh striker Filipina yang memilih absen di Piala AFF 2016.

Lantas, siapa pemain depan Filipina itu? Dia adalah Javier Patino Lachica. Sang pemain lebih memprioritaskan klub Chinese Super League (CSL) yang dibelanya saat ini, Henan Jianye.

Patino enggan mengambil risiko cedera karena bermain pada turnamen yang baru diakui FIFA tersebut. Pasalnya, pemain berusia 28 tahun itu baru saja memperbarui kontrak dengan klubnya itu dengan nilai fantastis.

Dalam klausul kontrak, disebutkan bahwa Patino dikontrak dua musim dengan bayaran total 5 juta dollar AS atau sekitar Rp 67 miliar. Namun, kontraknya bakal diputus apabila dia mengalami cedera panjang.

"Jumlah hadiah yang ditawarkan Piala AFF saja tidak bisa menutup penghasilan Patino selama sebulan di level klub," ucap sumber terpercaya, Kamis (17/11/2016).

Tanpa Patino, manajer timnas Filipina, Dan Palami, menyadari bahwa lini serang The Azkals terlihat bermasalah.

Patino adalah salah satu pemain naturalisasi Filipina asal Spanyol. Sebelum membela Henan Jianye, dia pernah tampil apik bersama klub asal Thai League, Buriram United.

Selain Patino, Filipina juga tidak diperkuat bek naturalisasi Jepang, Daisuke Sato. Pemain berusia 22 tahun itu tidak dilepas klubnya, CSM Politehnica Lasi.

"Jika Federasi Sepak Bola Filipina (PFF) lebih niat dan mampu bernegosiasi dengan pihak klub untuk melepas saya, keputusan ini bisa berubah," kata Sato.

Pada Piala AFF 2016, Filipina menjadi tuan rumah Grup A. The Azkals tergabung bersama Thailand, Singapura, dan Indonesia. (Segaf Abdullah/inquirer.net)

Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved