Perkuat Suplai Air, ATB Lakukan Penggantian Pipa

Mulai dari penguatan jaringan, penggantian jaringan pipa perumahan, agar kualitas dan kuantitas air tetap optimal.

Perkuat Suplai Air, ATB Lakukan Penggantian Pipa
IST
Tim kontraktor ATB memperbaiki jaringan pipa Distribusi beberapa waktu lalu. Guna menguatkan suplai air bersih ke pelanggan, ATB lakukan pekerjaan penggantian pipa secara bertahap. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Guna memaksimalkan suplai air bersih yang layak kepada pelanggan, PT Adhya Tirta Batam (ATB) melakukan beberapa pekerjaan yang telah dijadwalkan.

Mulai dari penguatan jaringan, penggantian jaringan pipa perumahan, agar kualitas dan kuantitas  air tetap optimal.

Beberapa pekerjaan ini, dilakukan secara bertahap di setiap wilayah mulai dari September hingga akhir tahun 2016.

Untuk area pengerjaan ini pun, terbagi di seluruh wilayah Kota Batam.

 "Pekerjaan penguatan suplai, tersebar di seluruh wilayah Kota Batam. Pekerjaan ini bertujuan untuk memperkuat suplai air ke pelanggan, terlebih kondisi saat ini kebutuhan pelanggan sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya," jelas Muflikhin, Manager Project ATB, Senin (21/11/2016).

Muflikhin juga menambahkan, proyek pekerjaan di tahun 2016 dilakukan hampir di seluruh wilayah di Kota Batam dengan fokusnya adalah mendukung pelaksanaan program rekonfigurasi rezim operasi.

Dimana sebelumnya, pelaksanaan rezim operasi pada tahap pertama sudah dilakukan berupa perubahan interkoneksi, penambahan dan penguatan jaringan termasuk penguatan area ujung.

"Harapannya, akan terealisasi pada pertengahan tahun depan (2017), dan sekarang ini kita fokuskan di daerah downstream atau di area hilirnya," ujar Muflikhin lagi.

Sementara itu, beberapa proyek perbaikan jaringan juga disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan saat ini, seperti perbaikan jaringan WTP Mukakuning yang selanjutnya akan mendapatkan bantuan suplai air baku dari waduk Duriangkang.

"Dalam sistem ini, perbaikan dijaringan menjadi sebuah keharusan. Dimana perbaikan ini terkait pada perubahan rezim maupun kebutuhan di tahun mendatang," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, pekerjaan penguatan jaringan yang dilakukan secara bertahap ini untuk mempersiapkan kebutuhan sekaligus menjawab tantangan area kritis yang masih terdapat di beberapa wilayah di Batam.

Dari total pelanggan sekitar 262.494 per Oktober 2016 lalu, satu persennya adalah masih mengalami kendala pada suplai air. 

"Hal ini diharapkan bisa mengurangi daerah kritis tersebut, namun dilakukan secara bertahap. Mengingat pekerjaan dilakukan tersebar di beberapa wilayah pelanggan. Pada akhirnya diharapkan adanya peningkatan suplai dan kualitas air ke pelanggan, termasuk melakukan efisiensi dari faktor kebocoran air," harapnya

Selama pengerjaan ini, suplai air bersih ke pelanggan akan tetap dijaga sekaligus meminimalisir adanya gangguan aliran air.

Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help