Sebaiknya Anda Tahu

Pernah Dengar Asam Jawa? Ini Khasiatnya buat Obati Bisul dan Nyeri Haid

Sering mengalami nyeri haid atau bisulan? Jangan panik, cobalah ramuan asam Jawa ini biar pergi keluhan itu

Pernah Dengar Asam Jawa? Ini Khasiatnya buat Obati Bisul dan Nyeri Haid
lushzone
llustrasi 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM-Keragaman tanaman herbal menyimpan sejuta manfaat bagi kesehatan. Salah satu yang kini masih saja dipercaya memiliki khasiat untuk mengobati berbagai keluhan penyakit ialah asam jawa.

Manfaat asam jawa untuk obati bisul dan nyeri haid merupakan obat herbal yang sampai sekarang masih diaplikasikan masyarakat.

Daging buah asam jawa seringkali diolah supaya awet atau asam kawak. Buahnya mengandung asam tatrat, asam malat, asam nitrat, dan asam aseta, yang dapat memperlancar buang air besar. Selain itu, ia juga dapat memperlancar peredaran darah.

Daun muda asam jawa juga berkhasiat merangsang selaput lendir diding tenggorokan dan usus. Alhasil, tenggorakan gatal menjadi lebih baik.

Lalu, bagaimana manfaat asam jawa untuk mengobati bisul dan nyeri haid? Berikut pemaparannya.

Bisul
Asam jawa juga bisa kita gunakan untuk mengobati bisul. Caranya asam kawak sebesar telur puyuh direndam dalam segelas air hingga mengembang. Lalu irislah lima temulawak dan gula aren yang telah dicuci. Kemudian, rebuslah hingga air tinggal setengah. Nah, kita bisa meminum ramuan ini sehari sekali sampai sembuh.

Nyeri haid
Bagi Anda yang sering merasa nyeri saat haid, bisa memanfaatkan gula jawa untuk meredakannya. Caranya juga cukup mudah. Irislah 10 temulawak yang telah dicuci, gula aren, dan rebus dengan segelas air sampai tinggal setengah. Setelah itu, tambahlah asam kawak sebesar telur puyuh dan aduk sampai mengembang. Sesudah mengembang kita bisa menyaringnya. Kita bisa meminum ini satu kali sehari selama seminggu sebelum haid.

Sariawan
Untuk mengobati seriawan kita bisa menggunakan daun asam muda untuk mengobatinya. Caranya satu cangkir dau asam muda dan 5 cm kunyit dicuci bersih. Lalu irislah kunyit itu. Kemudian rebuslah dengan empat gelas air sampai tinggal setengah dan saringlah. Kita bisa meminumnya pada pagi dan sore hari. Untuk hasil terbaik kita bisa mengulanginya selama beberapa hari. (Ilham Pradipta Mulya/intisari-online.com/tabloidnova.com)

Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved