Sebaiknya Anda Tahu

Selain Wortel, Makanan Ini Ternyata Menyehatkan Mata

Selain wortel, sejumlah makanan ini sehat bagi kesehatan mata. Ini detailnya

Selain Wortel, Makanan Ini Ternyata Menyehatkan Mata
intisarionline
Ilustrasi 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM-Kesehatan mata berkaitan erat dengan konsumsi makanan tertentu. Selain wortel, ada juga loh makanan yang menyehatkan mata.

Tahukah Anda kalau mata menjadi indra yang memberikan masukan informasi terbanyak pada otak? Bahkan, bila informasi dari indra lainnya digabungkan, tak cukup menandingi banyaknya informasi yang diberikan mata pada otak.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan mata menjadi hal yang amat penting untuk menjaga kualitas hidup kita.

Caranya menjaga kesehatan mata juga mudah kok. Pastinya dengan mengonsumsi makanan yang menyehatkan mata. Lalu, apa saja makanan itu? Berikut selengkapnya:

1. Camu-camu
Namanya memang terdengar asing. Superfruit ini juga menjadi buah pendatang baru di pasar Amerika Serikat. Kabarnya, camu-camu merupakan buah yang mendandung vitamin C terbanyak dibandingkan dengan buah lain di planet ini.

Nah, vitamin C memainkan peran kunci dalam menurunkan risiko mengembangkan katarak. Vitamin C juga dapat memperlambat degenerasi makula.

2. Tiram
Jangan salah sangka, lokan yang kulitnya agak datar ini juga baik untuk kesehatan mata. Selain tiram, unggas, susu, kerang, kacang, dan biji-bijian juga menyehatkan mata.

Apa pasalnya? semuanya mengandung zinc dalam jumlah besar. Nah, bila tubuh kekurangan zinc, alhasil risiko kita terserang katarak akan semakin besar. Tak hanya itu saja, ia juga berhubungan dengan kaburnya penglihatan.

3. Sayuran hijau
Ternyata sayur tak hanya baik untuk kesehatan pencernaan saja. Namun, kandungan serat bukanlah nutrisi yang dapat menyehatkan mata. Melainkan zat lutein dan zeaxanthin yang terkandung di dalamnya.

Kedua zat itu merupakan antioksidan yang baik untuk penglihatan. Lutein dan zeaxanthin juga dapat menurunkan risiko kita untuk mengembangkan degenerasi makula dan katarak.

4.Telur
Lutein dan zeaxanthin juga bisa kita dapatkan dari kuning telur. Menurut Paul Dougherty, MD, direktur medis di Dougherty Laser Vision di Los Angeles, Amerika Serikat, kuning telur juga dapat membantu kita untuk mengurangi risiko degenarasi makula.

5. Citrus dan berries
Buah-buahan citrus seperti jeruk, lemon, atau jeruk nipis, serta berries, merupakan buah yang banyak mengandung vitamin C. Buah-buahan yang mengandung vitamin C ini bisa meningkatkan kesehatan mata kita. Di samping itu, risiko terserang katarak pun akan menurun.

6. Almond
Menurut sebuah penelitian, almond kaya akan vitamin E yang dapat memperlambat degenerasi makula. Segenggam (satu ons) almond mengandung setengah dosis harian vitamin C bagi tubuh kita.

7. Ikan berlemak
Tuna, salmon, ikan asin, dan ikan trout kaya akan DHA, asam lemak yang bisa ktia temukan di dalam retina. Menurut Jimmy Lee, MD, direktur refractive surgery di Montefiore Medical Center, di New York City, kekuragan DHA berkaitan dengan dry eye syndrome (sindrom mata kering). (intisarionline)

Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved