Hari Ketiga Bintan Expo, Produk Kerajinan dan Kuliner Laris-manis

Sejumlah produk khas Bintan, terutama kerajinan tangan memiliki banyak penggemar. Makanan olahan, seperti dari buah naga, juga laris-manis

Hari Ketiga Bintan Expo, Produk Kerajinan dan Kuliner Laris-manis
Bupati Bintan Apri Sujadi saat meninjau Bintan Expo Sejahtera 2016. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BINTAN - Hari ketiga penyelenggaraan Bintan Expo Sejahtera di Gelanggang Olahraga (GOR) Gemar Lebar Daun, Relief Antam Kijang Kota, Bintan Timur, animo pengunjung terlihat tinggi.

Sejumlah produk khas Bintan, terutama kerajinan tangan (handicraft) memiliki banyak penggemar.

Makanan ringan olahan, seperti dari buah naga, juga laris-manis.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Bintan Ismail, Selasa (29/11) di Bandar Seri Bentan mengatakan, produk kerajinan yang dipamerkan bahkan terjual hingga 30 persen.

"Pengunjung tertarik dengan konsep penyajiannya yang memang sedikit berbeda, itu salah satu daya tarik pasar," kata dia.

Ada 84 Kelompok Usaha Bersama (Kube) binaan Dinsos Bintan yang meramaikan stand Bintan Expo Sejahtera 2016 ini.

Produk mereka tak hanya didominasi kuliner olahan, namun hingga merambah produk fashion.

Bintan Expo Sejahtera sangat penting artinya bagi pelaku home industri.

Apalagi spirit kegiatan ini juga untuk memberi wadah kepada para pelaku Kube, Kelompok Usaha Kecil Mikro (KUKM) dan home industri untuk menunjukan produk-produk unggulan mereka.

Sebenarnya masih banyak produk olahan industri rumahan ini yang belum terekspos kepada masyarakat luas.

Karena itu, ke depan, jumlahnya diupayakan semakin diperbanyak sebagai sektor penting untuk mendukung pariwisata Bintan ke depan.

Bupati Bintan Apri Sujadi saat membuka Bintan Expo ini mengatakan, kegiatan ini bentuk komitmen pemerintah daerah dalam pemberdayaan ekonomi kreatif dan produktif.

Peran serta masyarakat dalam pengembangan hasil produk olahan Kube sangatlah diperlukan, karena semua pelaku Kube merupakan gabungan kelompok masyarakat yang kreatif.

"Pemkab Bintan sangat konsen terkait pengembangan ekonomi kreatif ini. Bukan hanya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, tetapi karena ekonomi kratif akan menjadi daya dorong industri pariwisata Bintan ke depan," katanya.

Penulis: Aminnudin
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help