Bagaimana Cara Tepat Didik Anak Angkat? Haruskah Sama dengan Anak Kandung?

Ketika mengangkat anak ke dalam rumah tangga, ada beberapa hal yang wajib untuk Anda perhatikan dalam mendidiknya.

Bagaimana Cara Tepat Didik Anak Angkat? Haruskah Sama dengan Anak Kandung?
tabloidnova.com/MOMSXYZ
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM- Ketika mengangkat anak ke dalam rumah tangga, ada beberapa hal yang wajib untuk Anda perhatikan dalam mendidiknya.

Sebab, mau bagaimana pun juga anak tersebut harus mendapatkan pendidikan di rumah dan di sekolah agar menjadi orang yang bermanfaat di masa depan.

Memang terkadang cukup membingungkan ketika anak tersebut datang sudah pada usia remaja sehingga anak sudah melekat dengan didikan orangtua biologisnya yang belum tentu sama dengan didikan Anda.

Akan tetapi, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psikolog Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia (LPTUI), menyarankan untuk melakukan diskusi dengan anak tersebut jika hal ini terjadi.

“Lebih banyak diskusi dan negosisasi kalau sudah remaja karena anak tersebut sudah membawa nilai-nilai yang dulu dengan orangtuanya jadi nggak bisa sepihak lagi,” tuturnya dalam acara kampanye Nivea #PSILOVEMAMA di Jakarta, Selasa (22/11/2016).

Vera memberikan contoh, ketika memberikan mereka jam pulang malam, tentukan waktunya melalui diskusi bersama anak.

“Jadi memang ada situasi khusus yang membuat dia tidak menjadi dipaksakan sepihak, apalagi jika sudah remaja,” tambahnya.

Mengangkat anak yang berusia remaja memang lebih sulit dari pada mengurus anak tersebut dari kecil tetapi tidak mustahil.

Sebab, seperti yang diungkapkan Vera, jika anak masih berusia lima tahun mungkin masih bisa dididik sesuai dengan keinginan Anda.

Namun, jika anak tersebut sudah duduk di bangku sekolah dasar, maka sebaiknya perbanyak diskusi dan negosiasi. (kompas.com, Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja)

Ikuti kami di
Editor: Sri Murni
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2016
About Us
Help