Kepri Kini Punya Perda RTRW yang Mengatur Rencana Wilayah untuk Investasi dan Pemukimanan

Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak mengatakan Perda ini secara tidak langsung memberikan kepastian hukum investasi di kabupaten/kota di Kepri

Kepri Kini Punya Perda RTRW yang Mengatur Rencana Wilayah untuk Investasi dan Pemukimanan
TRIBUNBATAM/THOM LIMAHEKIN
Gubernur Kepri Nurdin Basirun dan Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak di sidang Paripurna DPRD saat pengesahan Perda RTRW, Selasa (6/12/2016) 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG - Provinsi Kepri akhirnya memiliki peraturan daerah (Perda) Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRW).

Perda yang baru disahkan dalam rapat paripurna di DPRD Kepri Pulau Dompak Tanjungpinang, Selasa (6/12/2016) ini akan berlaku hingga tahun 2036.

Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak mengatakan Perda ini secara tidak langsung memberikan kepastian hukum investasi di kabupaten/kota di Kepri.

Perda RTRW ini memuat rencana wilayah mana saja yang akan dijadikan tempat investasi, pemukiman dan lain sebagainya.

"Perda RTRW akan menjadi acuan kabupaten dan kota. Karena itu, Perda ini sudah memuat semua potensi-potensi yang ada di kabupaten/kota," kata Jumaga membuka sidang paripurna, Selasa (6/12).

Jumaga menambahkan, Perda RTRW ini dapat diterapkan di seluruh Kepri.

RTRW tersebut telah disesuaikan dengan RTRW Nasional.

Juru bicara pansus RTRW, Dewi Kumalasari memaparkan, Perda ini merupakan amanat dari undang-undang (UU) 26 tahun 2007 tentang tata ruang.

"Produk Perda ini mencakup kawasan industri, kawasan pemukiman, kawasan wisata di provinsi. Dengan itu, kabupaten/kota dapat segera menyesuaikannya," kata Dewi.(*)

* Baca berita terkait di Harian TRIBUN BATAM edisi Rabu, 7 Desember 2016

Penulis: Thom Limahekin
Editor: nandarson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help