Kapal Karam di Karimun

BMKG Peringatkan Operator Transportasi Laut, Ini Sejumlah Kecelakaan Kapal di Karimun

BMKG memperingatkan para operator transportasi laut di Karimun agar mewaspadai kondisi cuaca. Ini kasus kecelakaan laut di Karimun

BMKG Peringatkan Operator Transportasi Laut, Ini Sejumlah Kecelakaan Kapal di Karimun
tribunbatam/elhadif putra
Petugas Satpolair Polres Karimun di dekat KM Intan Jaya yang terbalik dihantam ombak, Rabu (14/12/2016) 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, KARIMUN-Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Karimun memperingatkan pengguna transportasi laut akan cuaca ekstrem.

Kepala BMKG Karimun, Syamsul melalui stafnya Pande Pawarta menyebutkan untuk saat ini, kondisi cuaca yang harus diwaspadai adalah angin kencang yang dapat menyebabkan gelombang laut yang cukup tinggi.

"Pengguna kapal harus waspada, terutama untuk kapal dan perahu yang berukuran kecil," ujar Pande, Rabu (14/12/2016) siang.

Dijelaskan Pande, untuk saat ini diketahui angin berhembus dari utara. Yang mana angin utara sifat nya lebih kencang dibandingkan arah lain.

"Sehingga perlu diwaspadai gelombang tinggi akibat angin kencang. Tentunya juga arus laut yang kuat di sebagian besar perairan Kepri" paparnya.

Berdasarkan prakiraan cuaca BMKG untuk cuaca pada Kamis (15/12) pagi, wilayah Karimun sekitarnya akan diguyur hujan. Sementara untuk siang hingga sore hari BMKG memperkirakan cuaca di Karimun akan mendung.

Namun di malam hari diperkirakan hujan disertai petir yang melanda.

Untuk suhu pada Kamis berkisar antara 25 hingga 31 derajat celcius. Kecepatan angin diperkirakan akan mencapai 30 km/jam. Sedangkan untuk kelembaban sekiyar 65 hingga 95 persen.

"Untuk di Kepri arus laut diperkirakan akan kuat di perairan Natuna. Maka perlu diwaspadai," tambah Pande.

Ombak Kuat, Tongkang Tabrak Tugboat di Pelabuhan Curah PT Panin

Cuaca buruk yang terjadi di Karimun belakangan ini memang telah menyebabkan beberapa kecelakaan laut. Sebelum KM Intan Jaya terbalik pada Selasa (13/12) petang,

satu Kapal Tongkang yaiti Bina Marine 108 juga menabrak Kapal TB Maju VIII yang terparkir di pelabuhan curah milik PT Panin pada Minggu (11/12) sekira pukul 05.30 WIB.

Pristiwa ini terjadi di saat Kapal Tongkang Bina Marine 108 yang ditunggangi TB. Bina Marine 79 hendak berlayar. Namun arus laut dan ombak yang kuat membuat tongkang hanyut terbawa ombak dan menabrak Kapal TB Maju VIII.

Tidak ada korban jiwa dalam kecelaaan itu. Akan tetapi akibat kejadian teraebut TB Maju VIII mengalami rusak berat di bagian lambung kiri dan Anjungan Hancur. (*)

Penulis: Elhadif Putra
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help