Tidak Ada Bunyi, Bekas Kapal Penumpang Terbakar. Ini Dugaan Sementara Penyebabnya!

Sebuah speedboat di Pelabuhan Kankung, Meral tiba-tiba terbakar. Api menjalar dari ruang mesin. Ini penampakannya

Tidak Ada Bunyi, Bekas Kapal Penumpang Terbakar. Ini Dugaan Sementara Penyebabnya!
tribunbatam/elhadif putra
Kondisi kapal terbakar di Pelabuhan Kankung, Meral, Rabu (14/12/2016)

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, KARIMUN - Zainuri dan A Lai terperanjat melihat api tiba-tiba muncul dari speedboat yang sedang bersandar di sebuah pelabuhan terletak di Jalan Kankung, Kelurahan Meral Kota, Rabu (14/12/2016) sekira pukul 15.00 WIB.

Meski keduanya sudah berusaha memadamkannya, namun api lebih cepat menjalar ke seluruh bagian kapal. Tak menunggu lama, api semakin membesar dan menghanguskan kapal milik A Ce Alias Hong Kua (41).

A Ce yang dijumpai di lokasi menjelaskan dirinya tidak berada di lokasi karena tengah berada di rumah. Dari pengakuan pekerjanya api terlihat keluar dari bagian atas kapal. A ce mengira api berasal dari kabel yang konslet.

"ABK saya bilang gak ada bunyi meledak. Tapi api cepat menjalar. Sepertinya ada yang konslet. Kapal sedang kosong tidak ada orang," katanya.

Ia menyebutkan jika kapal bernama Merantino Sukses GT 23 itu dulunya adalah kapal penumpang. Namun saat ini kapal tersebut jarang dipakai dan hanya dipergunakan A Ce untuk keperluan pribadi saja.

"Paling kalau jalan saya bawa untuk mancing," ujarnya.

Sementara itu Kapolsek Meral, AKP Badawi menjelaskan jika kedua saksi, yakni Zainuri (52) dan A Lai (38) mengetahui pertama kali karena tengah bekerja memperbaiki plantar pelabuhan pribadi yang juga milik A Ce.

"Dugaan sementara api berasal dari kamar mesin. Tidak ada korban jiwa. Hanya dari pengakuan korban kerugian mencapai Rp 600 Juta," kata Badawi.

Api dapat dipadamkan sekira satu jam setelah tiga unit mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Karimun turun ke lokasi. Selain itu satu unit mobil air milik masyarakat sekitar juga membantu memadamkan kebakaran. Namun kebakaran membuat hampir seluruh bagian kapal hangus. (*) 

Penulis: Elhadif Putra
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved